0 %

Fri, 1 Mar 2019
Bukan Hanya Recycle, Kebiasaan ini Bantu Go Green di Rumah Jadi Mudah

Berita-berita yang menunjukkan kerusakan lingkungan mulai membuatmu resah? Jangan hanya terdiam, ini saatnya memulai gaya hidup yang lebih “hijau”. Tak perlu memikirkan untuk meninggalkan kehidupan modern dan memilih hidup di lokasi terpencil demi menghindari sampah dan tindakan lain yang dapat merusak alam. Ternyata mengawali go green dari rumah sendiri tak sesulit yang dibayangkan, kok.


1. Mengurangi Penggunaan Kertas

Salah satu cara paling mudah untuk ikut melakukan go green di rumah adalah dengan menghemat penggunaan kertas. Berbahan baku utama kayu, penggunaan kertas secara bijak secara tidak langsung ikut mengurangi penebangan hutan.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi pemakaian kertas di rumah. Mulai dari berhenti berlangganan newsletter dan memilih mendapatkannya secara online, memanfaatkan kertas bekas, hingga memilih menggunakan kertas daur ulang.


2. Membatasi Pemakaian Kantung Plastik

Plastik termasuk limbah sampah yang butuh waktu ratusan tahun untuk terurai. Permasalahan pun terus berlanjut saat partikel-partikel kecil plastik tersebut mencemari air, tanah, bahkan udara yang selama ini dihirup.

Mulailah dengan mengurangi penggunaan kantung plastik, terutama saat berbelanja. Kini makin banyak tas belanja bermodel kece, kuat, dan praktis untuk dibawa ke mana pun saat membeli barang-barang. Selain itu, batasi penggunaan kantung atau wadah plastik saat membeli makanan dan minuman. Bukan hanya mengurangi sampah plastik tak terpakai, tapi juga dipercaya lebih baik bagi kesehatan tubuh.


3. Menggunakan Produk Pembersih Alami

Back to nature! Alam telah menyediakan banyak hal, salah satunya bahan-bahan alami yang dapat dijadikan produk pembersih di rumah. Daripada menggunakan bahan kimia yang dapat mengancam kelestarian lingkungan dan kesehatanmu, manfaatkan bahan-bahan yang mungkin sudah ada di dapurmu.

Mulai dari cuka, baking soda, jeruk lemon, hingga garam pun bisa digunakan sebagai pembersih ramah lingkungan. Terdengar ribet dan rumit? Kini ada banyak pembersih multifungsi yang terbuat dari bahan alami dan biodegradable sehingga tidak mencemari lingkungan.


4. Cerdas dalam Pemakaian Listrik

Selain menggunakan tenaga alam untuk menghasilkan listrik, sayangnya suplai arusnya masih didominasi penggunaan bahan bakar minyak yang cadangannya di bumi semakin berkurang. Awali dengan mematikan atau mencabut peralatan listrik yang tidak diperlukan. Selain itu, tidak ada salahnya mengganti lampu-lampu yang ada di rumah dengan LED yang menghemat tenaga hingga 90persen dan 15kali lebih awet daripada lampu biasa.


5. Memanfaatkan Area Rumah sebagai Kebun

Memiliki halaman depan maupun belakang jangan hanya dibiarkan kosong. Tanami dengan berbagai tanaman hijau sebagai peneduh, sayuran yang dapat dipetik untuk dimasak, hingga tanaman herbal yang kandungannya bermanfaat sebagai kesehatan. selain membuat rumah tampak lebih asri, udara pun jadi lebih segar dan sejuk.


Melihat efek perubahan iklim yang semakin nyata setiap tahunnya, penting untuk menjalani gaya hidup yang go green sejak dini. Lakukan perubahan sederhana yang bisa dilakukan di rumah untuk membantu menjaga bumi tetap sehat.