0 %

Thu, 16 May 2019
Cara Bebas Lemas Berolahraga Saat Jalankan Ibadah Puasa

Sering merasa kekurangan energi di bulan puasa? Bisa jadi keenggananmu untuk berolahraga jadi penyebab utamanya. Banyak orang yang masih beranggapan olahraga hanya akan bikin tubuh semakin lemas. Padahal aktivitas fisik yang dilakukan selama berpuasa justru membantu tubuh tetap fit dan produktif.

Biar terbebas dari lemas saat berolahraga di tengah bulan puasa, pertimbangkan beberapa hal berikut ini.


1. Memilih Jenis Olahraga yang Tepat

Hal pertama dan paling penting untuk dipikirkan adalah jenis olahraga yang ingin dijalani. Dibatasinya asupan makanan dan minuman mendorongmu untuk memilih jenis olahraga dengan intensitas ringan, seperti yoga, jogging, bersepeda, atau berjalan santai. Untuk sementara waktu, tunda niatmu untuk melakukan olahraga intensitas tinggi karena bakal menguras energi dan rentan bikin puasa jadi kurang lancar.


2. Perhatikan Waktu Berolahraga

Selain memilih jenis olahraganya, perhatikan juga waktu berolahraga yang tepat di tengah kesibukanmu menjalankan ibadah puasa. Sebaiknya, hindari melakukan aktivitas fisik di siang hari karena berisiko membuatmu kekurangan cairan yang bikin tubuh semakin lemas.

Waktu terbaik yang bisa digunakan untuk berolahraga adalah sebelum berbuka puasa sehingga dapat langsung berbuka puasa untuk mengembalikan energi yang terbuang. Selain itu, setelah berbuka puasa pun bisa jadi waktu yang baik untuk berolahraga, misalnya jalan santai atau bersepeda sejenak setelah menerima asupan makanan dan minuman.


3. Penuhi Asupan Cairan

Banyak yang mengkhawatirkan mengalami dehidrasi saat berolahraga di tengah bulan puasa, apalagi saat cuaca sedang panas-panasnya. Kekurangan cairan yang jadi penyebab tubuh lemas biasanya dipicu oleh banyaknya keringat yang keluar saat melakukan aktivitas fisik yang cukup berat. Hal ini bisa dicegah dengan memperhatikan asupan cairan ke dalam tubuh, yaitu dengan meminum cukup air putih saat sahur dan berbuka puasa.


4. Konsumsi Makanan Kaya Gizi

Menjalani ibadah puasa mendorong tubuh untuk beradaptasi dengan perubahan pola makan dan minum, tapi seharusnya tidak perlu sampai mempengaruhi porsi maupun kandungan nutrisi. Usahakan untuk tetap menjaga pola makan yang sehat dan seimbang, dengan konsumsi menu makanan kaya gizi seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral yang menjaga fungsi organ tubuh selama berpuasa.

Agar tubuh bebas dari lemas, pilih makanan yang membuatmu kenyang lebih lama karena mengandung serat seperti beras merah, sayuran atau oatmeal. Lengkapi juga dengan protein yang membantu memulihkan sekaligus memperbaiki sel otot yang rusak saat berolahraga, misalnya ikan, daging, dan telur.


Jangan pakai alasan tubuh lemas untuk skip olahraga di bulan puasa. Jika mengalami batuk dan gejala flu seperti bersin-bersin, hidung tersumbat, demam, dan sakit kepala, redakan dengan OBH Combi Batuk Plus Flu.

Formulanya yang efektif redakan batuk dan gejala flu dikemas dalam botol anti pecah sehingga aman dan praktis dibawa ke mana-mana. Yuk, tetap jaga kesehatan agar puasa dapat berjalan lancar hingga hari kemenangan.