0 %

Tue, 20 Nov 2018
Cara Efektif dan Sederhana Tingkatkan Produktivitas Kerja

Apa pun pekerjaanmu, baik di belakang meja seharian atau freelance, bekerja lebih efektif akan memberikan banyak manfaat. Seperti tingkat stres yang lebih rendah, jam kerja bebas molor hingga jenjang karir yang cepat meningkat. Bukan hal yang mustahil kok, asal dibarengi dengan penyesuaian terhadap kebiasaanmu dalam bekerja sehari-hari.

1. Menyusun Daftar Prioritas

Pasti akan sangat melelahkan ketika kita memulai proyek besar atau punya berbagai hal yang harus diselesaikan. Bukan hanya berisiko meningkatkan stres, hal ini juga bikin cara kerjamu jadi kurang efisien. Hindari membanjiri diri dengan daftar tugas yang terlalu besar dan banyak.

Buat daftar 3 - 5 hal penting yang menjadi prioritas dalam satu hari. Jika kamu dapat menyelesaikannya lebih awal, kamu bisa tambahkan beberapa hal namun dengan  tetap menjaga agar mudah dikelola.

2. Tetap Terorganisir

Kebiasaan kerja yang sangat efektif biasanya diawali dengan sistem yang tepat. Asah kemampuanmu untuk mengatur jadwal pekerjaan, pertemuan atau janji bertemu klien agar nggak harus masuk-keluar kantor terlalu sering.

Jangan lupa untuk membuat daftar hal yang harus dilakukan, baik per hari, minggu hingga bulan, untuk melihat pekerjaan yang harus diselesaikan dalam tenggat waktu tertentu. Ini merupakan cara paling efektif untuk memanfaatkan waktu kerja yang dimiliki.