0 %

Thu, 16 May 2019
Cara Efektif Tangkal Godaan Bermalas-Malasan di Bulan Ramadan

Kebanyakan orang mulai mengeluhkan tubuh yang lemas di tengah menjalani ibadah puasa. Wajar saja, selain asupan makanan dan minuman yang dibatasi, perubahan jam tidur jadi alasan tenaga yang berkurang. Tapi jangan jadikan kondisi ini sebagai alasan untuk bermalas-malasan, justru bulan Ramadan ini wajib diisi dengan kegiatan yang dapat melipatgandakan pahala dan meningkatkan keimanan.

Biar bebas mager seharian, isi waktumu dengan melakukan beberapa aktivitas berikut ini.


1. Beribadah

Bulan Ramadan menjadi momen yang paling dinanti oleh umat Islam di seluruh dunia karena menjadi lumbung pahala bagi siapa saja yang menjalankan perintah Allah SWT. Rugi banget jika waktumu disia-siakan hanya dengan bermalas-malasan. Manfaatkan kesempatan ini untuk menjadi pribadi yang lebih baik dengan berzikir, memperdalam pengetahuan agama, dan rutin bersembahyang.


2. Bekerja Lebih Produktif

Saat berpuasa, biasanya tubuh akan merasa lebih letih dan lemas di hari-hari pertama berpuasa karena tengah mengalami adaptasi. Namun berpuasa tidak seharusnya dijadikan alasan untuk malas bekerja apalagi sampai menunda-nunda pekerjaan.

Berkurangnya jam kerja yang biasa dilakukan di bulan puasa pun justru harus dijadikan faktor pemicu meningkatnya produktivitas kerjamu. Selain bikin pekerjaan jadi selesai tepat waktu, bukan tidak mungkin jika hasil kerja yang memuaskan pun akan mendatangkan rejeki tersendiri di bulan Ramadan.


3. Beramal dan Berbagi dengan Sesama

Walau sudah biasa dilakukan, beramal khususnya di bulan Ramadan akan melipatgandakan pahala dan memudahkan jalan menuju surga. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk berbagi dengan sesama, mulai dari mengisi kotak amal di mushola maupun masjid, membagikan takjil maupun menu buka puasa secara gratis, hingga membayar zakat fitrah yang membuat ibadahmu kian sempurna.


4. Meluangkan Waktu untuk Berolahraga Ringan

Banyak yang memutuskan untuk menghilangkan jadwal olahraga selama menjalani ibadah puasa. Alasannya tubuh yang makin lemas bakal bikin puasamu rentan terganggu. Padahal dengan tetap berolahraga, kamu dapat menjaga daya tahan tubuh sekaligus membuat tubuh terasa lebih bugar dan bersemangat.

Tapi jangan sampai salah pilih jenis dan waktu berolahraga. Lakukan olahraga ringan seperti yoga atau jalan kaki santai dan lakukan jelang berbuka puasa untuk menjaga kebugaran selama bulan puasa.

Bermalas-malasan justru bikin puasa terasa lebih lama karena tidak melakukan apa pun yang dapat mengalihkan perhatianmu.


Jangan biarkan batuk dan gejala flu seperti bersin-bersin, hidung tersumbat, sakit kepala, dan demam bikin ibadah puasamu terganggu. Redakan dengan OBH Combi Batuk Plus Flu yang sudah dipercaya dari generasi ke generasi karena khasiatnya yang efektif redakan batuk dan gejala flu.

Lawan rasa malas dengan alasan tubuh lemas selama jalani ibadah puasa dengan cara-cara efektif ini.