0 %

Fri, 29 Mar 2019
Cara Jitu yang Bantu untuk Tetap Terinspirasi Setiap Hari

Baik bekerja sebagai karyawan, freelancer, atau entrepreneur, akan ada saat-saat sulit untuk memotivasi diri dan mempertahankan ide-ide kreatif terus mengalir. Jangan biarkan hal ini terjadi dan membuatmu sulit untuk kembali bersemangat. Yuk, gunakan beberapa cara ini untuk menantang diri sendiri dan tetap terinspirasi setiap hari.


1. Bangun Lebih Pagi

Coba bangun 30 menit lebih awal dari biasanya. Awalnya mungkin terdengar sulit, tapi cara ini benar-benar membuat perbedaan pada harimu. Isi dengan melakukan rutinitas seperti yoga, bermeditasi, menulis jurnal, berolahraga, atau bahkan duduk santai sambil menikmati teh atau kopi. Lakukan sesering mungkin untuk menjaga fokus sebelum memulai harimu.


2. Hilangkan Gangguan

Di waktu senggang, secara otomatis kamu akan meraih ponsel untuk media sosial dan tenggelam di dalamnya. Walau cukup menghibur, tapi banyak waktu dihabiskan yang ujung-ujungnya malah menjadi stres.

Coba hilangkan gangguan sepanjang hari dengan mengabaikan ponsel, internet, maupun media sosial yang dapat menarik seluruh perhatian dan pikiranmu, sehingga sulit untuk fokus. Cukup luangkan waktu sehari dalam seminggu untuk melakukan detox atau break dari ponsel atau media sosial.


3. Miliki Me Time

Memiliki waktu untuk diri sendiri lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, terutama di tengah padatnya pekerjaan, menjalani kehidupan sosial, dan tugas-tugas lainnya. Sesekali prioritaskan diri sehari dalam seminggu dan lakukan apa yang selalu ingin dicoba, baik menjajal makanan baru, mengikuti komunitas hobi, atau menonton film.

Bahkan, bisa juga diam di rumah dan membersihkan lemari jika itu yang diinginkan. Intinya, sisihkan waktu untuk diri sendiri yang akan membantumu untuk menenangkan pikiran dan memicu kreativitas.


4. Lakukan Perubahan pada Rutinitas

Rutinitas yang itu-itu saja mudah membuatmu bosan dan jenuh, apalagi jika bekerja sendiri biasanya akan sulit menemukan waktu untuk menjauh dari layar komputer atau gadget lainnya. Lakukan perubahan pada hal-hal yang rutin dilakukan setiap harinya.

Ambil waktu istirahat siang di tempat makan atau cafe yang berbeda, ambil kelas kebugaran singkat, atau ambil rute jalan-jalan yang baru sebagai contohnya. Walau cara ini tampak sederhana, rasakan adanya perbedaan pada tingkat energimu dan menjernihkan pikiran.


5. Ngobrol Bersama Teman atau Rekan Kerja

Memiliki hubungan pertemanan yang cukup dekat dapat mendorongmu untuk keluar dari zona nyaman. Cari orang-orang yang dapat diajak bertukar pikiran atau rekan kerja yang bisa ditemui beberapa kali seminggu.

Sambil minum kopi, bicarakan tentang masalah di pekerjaan atau saat berinteraksi dengan orang lain. Selain mampu menghibur dan menghilangkan stres, cara ini dapat membangkitkan energi dan memicu kreativitasmu.


Lakukan beberapa cara ini untuk menjaga semangat dan motivasimu, sehingga terus mendapatkan inspirasi untuk bergerak maju setiap harinya.