0 %

Tue, 2 Oct 2018
Cara Profesional Tunjukkan Karakter di Tempat Kerja

Salah satu aset terbesar saat memasuki dunia kerja adalah kepribadian yang dimiliki. Hal ini bukan hanya membantu membedakan sosokmu saat melakukan wawancara kerja, tapi juga sangat penting dalam membangun dasar hubungan yang baik di tempat kerja. Oleh karena itu, menunjukkan karakter saat bekerja sah-sah saja, kok, asal dilakukan dengan cara yang tepat seperti berikut ini.


1. Menjadi Diri Sendiri
Jangan mencoba untuk menjadi seseorang yang bukan dirimu. Meskipun penting untuk bersikap profesional di tempat kerja, tidak harus menyembunyikan kepribadianmu dan menjadi orang lain. Jadilah diri sendiri dan sebisa mungkin hindari berusaha terlalu keras.


Sebaliknya, gunakan keunikan karaktermu sebagai keunggulan di tempat kerja. Jika memiliki sifat pemalu, manfaatkan kemampuan dan kepekaanmu dalam mengobservasi orang-orang di sekitarmu, sehingga bisa menjalin hubungan kerja yang baik tanpa membuat mereka tersinggung.


2. Tunjukkan Motivasi dengan Membantu Orang Lain
Banyak yang percaya jika satu-satunya cara untuk menunjukkan motivasi yang kuat adalah dengan membenamkan diri dalam pekerjaan dan meninggalkan rekan kerjanya. Kepribadian ini sama sekali tidak menunjukkan sebagai pemain tim yang baik. Di sisi lain, karakter diri sendiri yang energetik dan suka membantu akan menarik rekan kerja maupun atasan untuk menyukaimu apa adanya.