0 %

Mon, 15 May 2017
Cara Tepat Bersihkan Rumah Bebas Batuk-Batuk

Siapa sih yang nggak ingin memiliki rumah rapi dan bersih? Selain bikin lebih betah, kesehatan tubuh pun jadi terbebas dari ancaman penyakit dan alergi. Untuk mendapatkannya, Anda harus rutin membersihkan rumah, terutama dari debu yang menempel dan menumpuk di perabotan. Biar nggak batuk-batuk  akibat debu yang beterbangan, atasi dengan beberapa tips jitu berikut ini.


1. Memakai Masker
Kemoceng merupakan salah satu alat andalan untuk membersihkan debu yang menumpuk. Sayangnya, alat ini seringkali hanya membuat debu beterbangan ke tempat lain yang justru memicu batuk-batuk dan membuat kegiatan bersih-bersih semakin lama.


Lindungi diri dengan menggunakan masker wajah yang menutup hidung dan mulut saat bersih-bersih rumah. Setelah selesai, tinggalkan rumah selama beberapa jam untuk membatasi paparan debu yang ada di udara.


2. Membuka Jendela
Saat mulai membersihkan rumah, buka jendela ketika lingkungan luar tidak terlalu berdebu, misalnya di pagi hari yang masih lembab atau saat hujan. Selain memudahkanmu untuk membuang debu atau kotoran ke luar rumah, cara ini juga menjamin sirkulasi udara yang lancar, sehingga mengurangi risiko batuk-batuk akibat debu.


3. Gunakan Vacuum Cleaner
Untuk memudahkan pekerjaan membersihkan rumah, gunakan vacuum cleaner untuk menyedot kotoran dan debu, terutama dari kasur, karpet, gorden, dan barang-barang lain yang umumnya berbahan kain. Cara ini lebih efektif dalam menghisap debu yang masuk hingga ke serat kain, sehingga mencegah terjadinya alergi. Jangan lupa untuk memanfaatkan vacuum cleaner di tahap akhir agar nggak ada lagi debu yang jatuh di atasnya.