0 %

Tue, 29 Jan 2019
Cara untuk Mengangkat Semangat di Tengah Minggu yang Berat

Seperti roda yang berputar, ada saatnya kita mengalami hari-hari yang indah, tapi tidak jarang juga mengalami momen sulit. Hal ini terjadi pada siapa saja dan pada akhirnya kamu dapat melewatinya tapi kini membayangkan untuk melewati minggu yang berat saja sudah cukup sulit. Jangan menyerah pada tekanan yang datang dan belajar untuk menjaga semangatmu tetap tinggi dengan cara-cara berikut ini.


1. Menghindari Percakapan Negatif

Sulit untuk menghindar dari orang-orang negatif sepanjang waktu karena kita semua mengalami hal-hal yang sulit dan menjadi manusiawi untuk menjadi sedikit negatif. Saat mengalami minggu yang berat, kamu mungkin tergoda untuk mengasihi diri sendiri yang justru membuatmu makin sulit untuk bangkir.

Tingkatkan peluang untuk mempertahankan pola pikir positif dengan menghindari percakapan yang negatif dan menguras emosi. Beralih ke pembicaraan yang lebih positif dan jangan bairkan hal negatif menyedot seluruh energimu.


2. Rayakan Kemenangan Kecil

Dalam keadaan yang sulit, mungkin perlu waktu yang lebih lama hingga mendapatkan kemenangan besar. Tapi kamu dapat merayakan hal-hal kecil dan sederhana untuk mengangkat semangatmu.

Temukan hal-hal kecil yang membuatmu bangga dengan diri sendiri sepanjang hari, misalnya dapat sampai ke kantor tepat waktu, rute lari yang terus bertambah setiap harinya, hingga dapat menyelesaikan tugas dengan baik. Biarkan hal baik ini menghibur dan membuatmu kembali bersemangat.


3. Bangun Lebih Pagi

Saat merasa lelah secara mental, terkadang yang diinginkan hanya menghabiskan waktu selama mungkin di atas tempat tidur. Padahal, kamu bisa mengubah suasana hati jadi baik hanya dengan bangun lebih pagi. Hal ini akan memberimu lebih banyak waktu untuk bersiap atau menikmati sarapan. Berbeda jika kamu harus terburu-buru untuk menuju suatu tempat karena takut terlambat, moodmu akan ikut buruk sepanjang hari.


4. Terima Diri Apa Adanya

Siapa yang tak mau memiliki hasil yang sempurna di setiap detil pekerjaan yang dilakukan? Sayangnya, jika hal ini dilakukan saat kamu sedang mengalami kesulitan tentunya akan membuatmu semakin merasa jatuh. Tentu saja, beberapa hal perlu diselesaikan tapi utamakan pada kebahagiaan. Terima beberapa hal mungkin tidak akan tercapai seperti yang diinginkan, sebagai salah satu cara untuk berbuat baik pada diri sendiri.


5. Bersandar pada Sahabat Sejati

Memiliki teman baik yang dapat membantumu itu sangat berharga. Temukan sahabat, pasangan, atau keluarga yang dapat mendengarkan keluh kesahmu dan tetap menunjukkan sisi positifnya. Bukan hanya membuat semangatmu kembali, tapi juga membantumu keluar dari kesedihan dan masa-masa sulit yang sedang menderamu.

Siapa saja berharap hidup selalu berjalan baik-baik saja, tapi masa sulit tidak bisa dihindari sekeras apapun usahamu. Jadi cepat atau lambat, kamu harus belajar bagaimana caranya menghadapi hari-hari yang buruk dengan kepala terangkat dan pandangan ke depan.