0 %

Thu, 14 Feb 2019
Dampak Polusi Udara Bagi Kesehatan Pernafasan yang Wajib Diwaspadai

Hidup di perkotaan besar mau tak mau membuatmu akrab dengan polusi udara yang berasal dari asap kendaraan bermotor, asap pabrik, hingga debu. Apalagi jika aktivitas harianmu banyak dihabiskan di luar ruangan, tak jarang kesehatan tubuh sering terganggu. Mulai dari gejala flu dan batuk hingga kanker, ada beragam dampak yang dipicu oleh polusi udara khususnya pada sistem pernafasan.

1. Polutan yang Bersifat Karsinogenik

Jumlah kendaraan bermotor yang terus meningkat menjadi alasan utama polusi udara yang buruk di perkotaan. Di dalam gas buangan kendaraan tersebut terdapat zat-zat karsinogenik, seperti benzena dan timbal yang memberikan efek negatif buat kesehatan.

Benzena sendiri merupakan zat kimia yang mudah masuk ke dalam tubuh lewat saluran pernafasan dan dapat merusak sumsum tulang jika kadar di dalam darah terlalu banyak. Sedangkan paparan timbal dari gas buang kendaraan yang terlalu banyak dapat mengganggu kerja saraf dan otak.

2. Merusak Sistem Pernafasan

Paparan polusi udara akibat asap kendaraan dapat mengakibatkan gangguan pernafasan. Efeknya pada setiap orang pun berbeda-beda, mulai dari menurunnya kadar oksigen dalam tubuh hingga rusaknya saluran pernafasan seperti asma hingga kanker paru-paru.

3. Mengganggu Peredaran Oksigen dalam Darah

Sistem pernafasan berperan penting dalam memasok oksigen yang sangat diperlukan oleh tubuh. Sayangnya karbon monoksida yang berasal dari asap kendaraan yang ikut terhirup dapat meningkatkan kadar kekentalan darah. Hal ini menyebabkan peredaran oksigen dalam darah terganggu dan memicu gangguan kesehatan seperti penyakit kardiovaskuler, stroke, hingga diabetes.

4. Menurunkan Sistem Kekebalan Tubuh

Polusi udara bukan hanya membawa efek buruk bagi kesehatan pernafasan saja, tapi juga sistem kekebalan tubuh. Menurut situs DokterSehat, polusi udara dapat menekan komponen sistem imun yang disebut T-cell, yang dapat memicu peradangan pada seluruh tubuh. Jika kondisi imunitas tubuh sedang turun, ada berbagai gangguan kesehatan yang bisa menyerang tubuh, termasuk flu dan batuk.

Tidak heran jika kamu yang sering terpapar polusi udara akibat tingginya aktivitas di luar ruangan mudah terserang flu dan batuk. Jika gejalanya sudah mulai terasa, seperti hidung tersumbat, bersin-bersin, hingga demam, jangan anggap remeh. Segera konsumsi OBH Combi yang dapat diminum kapan dan di mana saja berkat botol anti pecahnya yang praktis dibawa ke mana pun pergi.

Kenali dampak negatif polusi udara untuk kesehatan tubuh, khususnya sistem pernafasan agar dapat melakukan tindakan pencegahan sedini mungkin.