0 %

Mon, 15 Apr 2019
Ekspresikan Diri Sendiri Lewat Pilihan Gaya Berbusana

Gaya berbusana seringkali dianggap sebagai bagian dari tren fashion, mengenakan pakaian yang nyaman, dan menyesuaikannya dengan aktivitas yang dijalankan. Padahal bagaimana caramu mengenakan pakaian menjadi salah satu cara untuk menunjukkan siapa dirimu yang sebenarnya, bahkan punya pengaruh besar pada pola pikir, mood dan kepercayaan diri.

Mengikuti tren yang sedang booming sah-sah saja kok, tapi tetap pertahankan gaya berbusana pribadimu dengan beberapa cara berikut ini.


1. Mengenali Bentuk Tubuh dan Kepribadianmu

Melihat OOTD yang ditunjukkan oleh para selebgram atau influencer di media sosial seringkali membuatmu tergerak untuk menirunya. Tapi belum tentu penampilan tersebut akan cocok dengan bentuk tubuh maupun kepribadianmu.

Mengikuti apa yang kini sedang menjadi tren itu boleh-boleh saja, asal tetap fokus pada penampilan yang bikin kepribadianmu bersinar. Pilih pakaian yang menurutmu modis namun tetap nyaman tanpa harus menjadi seseorang yang bukan dirimu sendiri.


2. Memilih Gaya Berpakaian yang Disukai

Untuk menentukan gaya berpakaian yang disukai, kaitkan dengan kepribadian, kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Misalnya bagi yang kurang menyukai hal-hal rumit akan lebih cenderung memilih pakaian-pakaian yang polos dan basic. Sedangkan mereka yang memiliki kreativitas tinggi biasanya akan mengeksplorasi caranya berpenampilan dan menjadikannya unik dan berbeda.

Jika perlu tanyakan pada teman-teman atau orang yang dekat denganmu untuk mengungkapkan pendapatmu tentang mereka. Misalnya kepribadianmu yang hangat akan makin terpancar dengan pakaian berwarna cerah atau kaya motif, sedangkan kamu yang lebih kalem dan tenang biasanya memilih pakaian berwarna netral dengan model pakaian klasik.


3. Lakukan Eksperimen

Fashion bukan hanya tentang bermain aman, tapi juga berani berbeda dan menunjukkan kepribadianmu yang sesungguhnya. Gunakan pakaian, misalnya dari model, warna, maupun motif untuk membuktikan jika kamu tidak takut mengambil risiko. Temukan gaya berpakaian dengan melakukan beberapa percobaan dan pastikan pada akhirnya merasa nyaman dengan pilihanmu.

Temukan hal-hal yang bisa jadi ciri khasmu dan tunjukkan dalam berpenampilan. Mulai dari mengoleksi aksesoris, memiliki tas dan sepatu yang matching, hingga menyukai salah satu motif yang bisa dijadikan sentuhan yang unik pada penampilanmu.


4. Kenakan Outfit untuk Meningkatkan Mood

Beli pakaian yang membuatmu merasa percaya diri dan hindari memaksakan diri memakai outfit yang memicu rasa kurang nyaman. Luangkan waktu untuk mencoba menemukan kombinasi yang tepat, ditandai dengan senyum lebar yang menghiasi wajah saat sedang berdiri di depan cermin. Saat merasa kesal atau bad mood, kenakan pakaian andalanmu yang sanggup meningkatkan semangat dan memperbaiki suasana hati yang sedang galau.


Pakaian bukan sekadar penutup tubuh yang dikenakan setiap hari. Miliki tampilan yang membuatmu merasa nyaman dan percaya diri sebagai cara untuk mengekspresikan diri melalui cara berpakaian.