0 %

Mon, 10 Dec 2018
Evaluasi Diri di Akhir Tahun untuk Songsong Hari yang Lebih Baik

Akhir tahun bukan hanya disibukkan dengan penyusunan resolusi untuk setahun ke depan. Momen ini sering dianggap kebanyakan orang untuk mengevaluasi diri sendiri. Walau terdengar cukup sulit, cara ini dapat kamu gunakan untuk menjalani tahun yang baru dengan lebih baik. Mulailah dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan berikut ini pada diri sendiri.

1. Hasil yang Sudah Dicapai

Pertama, lakukan evaluasi diri yang berhubungan dengan hal-hal apa saja yang sudah dicapai setahun belakangan ini. Gunakan list resolusi atau rencana dari setahun sebelumnya untuk dijadikan tonggak keberhasilan, lalu tulis keberhasilan yang sudah dimiliki, sekecil apa pun.

Hal ini akan memberikanmu semangat dan motivasi baru untuk menghadapi tantangan yang mungkin jauh lebih besar daripada yang sebelumnya. Selain itu, kamu jadi tahu di mana kekuatanmu yang sesungguhnya dan cara memanfaatkannya untuk mewujudkan resolusi selanjutnya.

2. Impian yang Belum Diraih

Selain mendaftar hal-hal yang sudah berhasil diraih, catat juga impian yang belum terwujud. Bukan berarti gagal, lho, justru keinginan yang belum berhasil dicapai ini bisa jadi masukan untuk resolusi tahun baru. Untuk memastikannya sukses di tahun yang akan datang, cari penyebab kegagalanmu sehingga dapat dicari solusi tepatnya.