0 %

Tue, 29 Jan 2019
Hal Kecil yang Mampu Jaga Semangat di Tengah Rutinitas Harian

Terkadang memiliki jadwal yang padat membuat hidup terasa berlalu begitu cepat. Berpindah dari satu pekerjaan ke yang lainnya, bahkan memulai di pagi hari hingga malam hari membuatmu terjebak dalam rutinitas yang membosankan. Jangan biarkan semangatmu menurun, lakukan perubahan dengan melakukan hal-hal kecil yang dapat menjaga moodmu tetap baik sepanjang waktu.


1. Menulis Jurnal

Guru terbaik dalam hidup terkadang berasal dari pengalamanmu sendiri. walau terdengar jadul, tapi menulis buku harian dapat membantumu belajar lebih banyak tentang diri sendiri. Gunakan jurnal sebagai wadah untuk menuangkan apa pun yang ada dalam pikiranmu. Tidak ada yang akan membaca buku harianmu, sehingga menuliskan semuanya akan memberikan efek yang sama seperti curhat.


2. Mengenakan Pakaian Favorit

Tak peduli ke mana tujuanmu, siapa yang akan ditemui, dan apa yang akan dilakukan, kenakan pakaian yang membuat dirimu terlihat menarik. Setiap kali melihat pantulan diri di jendela atau cermin, kamu akan melihat upaya yang dilakukan di pagi hari dan suasana hatimu akan terasa lebih baik dengan instan. Pilih busana yang mengingatkanmu akan momen-momen indah dalam hidupmu, misalnya kencan pertama bareng pasangan, pertama kali mendapat pekerjaan, atau sekadar perjuangan mendapatkan pakaian tersebut dengan harga super miring.


3. Lakukan Perubahan Sederhana

Rutinitas yang itu-itu saja membawa dampak buruk buat mood-mu. Keluar dari kebiasaan sehari-hari dengan menambahkan variasi yang sederhana. Seperti mencoba melakukan hal baru setiap akhir pekan, mengunjungi tempat makan yang belum pernah didatangi sebelumnya, menjajal rute yang berbeda untuk berangkat kerja, atau memilih pakaian yang biasanya tidak dikenakan. Kemungkinannya tidak terbatas dan semuanya akan memberikan senyum pada wajahmu dan meningkatkan mood.


4. Matikan Ponsel Saat Malam Hari

Hidup di era serba digital ini membuat siapa saja dengan mudah tersedot perhatiannya ke layar ponsel selama berjam-jam, bahkan rela mengorbankan waktu tidur. Padahal kebiasaan ini akan membuatmu merasa lelah dan menguras energi. Sebaiknya, matikan ponsel di malam hari dan gunakan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, sehingga bisa bangun dengan suasana hati yang lebih baik untuk melanjutkan aktivitas.


5. Belajar Hal Baru Setiap Hari

Menaklukkan tantangan agar dapat terus berkembang membuatmu lebih bersemangat dalam menjalani hari-hari ke depan. Oleh karena itu, pastikan untuk mempelajari sesuatu yang baru setiap harinya, misalnya mempelajari bahasa asing, mendengarkan podcast yang menginspirasi, atau menyelesaikan teka-teki. Selain membangun rasa percaya diri, keberhasilan dalam mempelajari hal baru juga akan meningkatkan suasana hati.


Mulailah hari dengan pikiran dan mood yang positif, sehingga akan membawa pengaruh baik bagi hari-harimu. Selamat mencoba!