0 %

Thu, 14 Feb 2019
Ingin Makan Sehat Sekaligus Jaga Lingkungan? Coba Diet Eco-Friendly

Himbauan dan ajakan untuk menjaga lingkungan terus digaungkan beberapa tahun belakangan ini. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mempertahankan kelestarian lingkungan, seperti daur ulang, mengurangi sampah plastik, hingga menggunakan tas belanja berbahan kain.

Bukan hanya itu saja, kamu juga bisa berkontribusi lebih pada bumi sambil membiasakan pola makan sehat dengan menjajal diet eco-friendly. Seperti apa? Simak langkah-langkah berikut ini.

1. Beli Makanan Lokal dan Organik

Produk makanan yang didatangkan dari lokasi yang cukup jauh membutuhkan bahan bakar yang tidak sedikit. Padahal penggunaan bahan bakar minyak merupakan sumber daya tak terbarukan yang cepat berkurang dan berkontribusi pada meningkatnya polusi udara dan pemanasan global.

Biasakan untuk membeli bahan makanan dari pasar terdekat, dengan harga yang lebih terjangkau dan jaminan nutrisi yang tetap utuh, sekaligus mengurangi konsumsi BBM. Lebih baik lagi jika bisa menemukan penjual makanan organik, seperti buah, sayur, hingga daging.

Sedang booming, bahan makanan organik ini tidak menggunakan bahan kimia dalam merawat sayuran maupun hewan ternak. Selain mengurangi limbah kimia yang akan mengalir ke air dan tanah, tubuh pun jadi lebih sehat karena membatasi masuknya sisa bahan kimia yang tertinggal.

2. Menanam Sayur di Rumah

Mungkin dianggap kurang praktis bagi kebanyakan orang, tapi menanam sendiri sayuran di rumah berkontribusi bagi kesehatan lingkungan. Selain meningkatkan kualitas oksigen yang dihirup, cara ini juga dapat mengurangi emisi gas rumah kaca.

Tidak perlu lahan luas untuk melakukannya, manfaatkan area teras depan atau belakang untuk menempatkan pot-pot berisi sayuran atau tanaman herbal. Bisa juga menggunakan metode hidroponik yang kini sedang banyak digemari karena mudah dan tidak menyita banyak tempat.

3. Kurangi Makan Daging

Mungkin tidak bayak yang tahu jika sapi merupakan penyumbang emisi metana yang cukup besar, yang memicu meningkatnya pemanasan global. Tidak ada salahnya mempertimbangkan pola makan vegetarian yang mengurangi konsumsi daging. Selain membantu mengurangi dampak buruk pada lingkungan, tubuh yang mulai terbiasa menyantap lebih banyak sayur dan buah pun akan mengalami peningkatan kesehatan dan energi.

4. Tingkatkan Konsumsi Whole Grain

Whole grain merupakan biji-bijian yang tidak melalui proses pengolahan atau penggilingan, seperti gandum, oat, dan quinoa yang kini tengah ngehits di kalangan pecinta makanan sehat. Selain tinggi serat dan menjaga kadar gula darah tetap stabil, konsumsi whole grain juga dapat meminimalkan polusi yang menjadi buangan pengolahan di pabrik.

Sebelum menjalani pola diet sehat yang lebih eco-friendly, ada baiknya untuk memastikan tubuh dalam kondisi fit, salah satunya terbebas dari gejala flu dan batuk. Tapi jika sudah terlanjur mengalami hidung tersumbat, batuk, bersin-bersin, dan demam, segera atasi dengan OBH Combi. Dipercaya dari generasi ke generasi, OBH Combi aman dan efektif atasi gejala flu dan batuk yang dapat menghambat aktivitas harianmu.

Tertarik menjalani pola makan eco-friendly ini?