0 %

Fri, 28 Sep 2018
Ingin Menginspirasi Orang Lain? Awali dengan Temukan Passion-mu Sendiri

Mengetahui apa yang ingin dilakukan sepanjang hidup adalah salah satu keputusan terberat yang dapat dilakukan seseorang. Tapi untuk menjadi pemimpin, keberhasilan akan dicapai setelah berhasil membantu orang-orang di sekitarnya untuk mencapai potensi yang sesungguhnya. Tapi sebelum mencoba melakukannya, temukan passion-mu sendiri terlebih dahulu dengan menggunakan beberapa langkah ini.

1. Mempertimbangkan Hal yang Bikin Kamu Happy

Melihat kembali ke pengalaman yang membuatmu merasa happy merupakan salah satu cara untuk menemukan apa yang menjadi passion-mu. Mungkin sekarang kamu kurang menyukai pekerjaanmu dalam bidang penjualan, tapi bisa benar-benar menikmati mengobrol dengan pelanggan.

Tidak jarang orang-orang kurang memperhatikannya, jadi telusuri pengalaman kerja sebelumnya dan buat daftar dari setiap pekerjaan yang senang dilakukan. Dari sini, bisa terlihat kemampuan dan passion yang dimiliki.

2. Bayangkan Hal-hal yang Membuatmu Tertarik

Tanyakan pada diri sendiri, topik apa yang bisa digali tanpa membuatmu merasa bosan. Walau jawabannya mungkin tidak selalu menunjukkan jalan karir yang jelas, idealnya bisa menjadi petunjuk ke arah minat, terutama passion.

Jika sedang berjuang mendapatkan jawaban yang tepat, sesuatu yang terus-menerus kamu bicarakan atau dibaca menjadi pertanda baik. Hal ini menjadi langkah awal untuk mencari informasi lebih banyak lagi.

3. Melihat Sang Idola

Buat daftar orang-orang yang membuatmu ingin mengikuti jejak mereka. Cobalah mencari tahu aspek yang kagumi dan apa saja yang sudah dilakukan untuk membantu sosok tersebut menjadi sesukses seperti sekarang.

Mengambil inspirasi dari orang lain dapat membantumu menemukan passionmu sendiri dan memutuskan impian yang diinginkan. Selalu ingat bahwa kadang-kadang lebih mudah untuk melihat apa yang dilihat dalam diri orang lain daripada dirimu sendiri.

4. Perhatikan Apa yang Membuatmu Merasa Iri

Baik itu selebritis, tokoh idola, atau bahkan teman atau anggota keluarga, terkadang kamu menemukan diri sendiri mempertanyakan pada diri sendiri, seandainya memiliki jalan hidup atau pekerjaan yang sama. Jawabannya, kenapa tidak?

Temukan hal-hal yang dilihat dari orang lain yang membuatmu merasa iri, misalnya gaji yang diinginkan, posisi kerja yang didapat, atau serunya pekerjaan yang digeluti akan memberi tahumu tentang apa saja yang menjadi keinginanmu. Jika memungkinkan, ajukan pertanyaan tentang apa yang mereka lakukan dan bagaimana mereka sampai di sana, lalu katakan pada diri sendiri jika kamu juga dapat melakukan hal yang sama.

5. Jangan Pikirkan Soal Uang

Bagi kebanyakan orang, alasan terbesar untuk menimbun passion dalam-dalam adalah masalah uang. Wajar kok, karena semua orang membutuhkan uang untuk menghidupi diri sendiri dan orang lain. Tapi tanyakan pada dirimu, apa yang bisa dilakukan untuk mengubah passion menjadi sumber penghasilan.

Lakukan riset dan cari tahu apa yang diperlukan untuk mewujudkannya, misalnya belajar tentang pemasaran online, mengembangkan merek, bersikap realistis dan berikan kesempatan bagi dirimu untuk mewujudkan passion

Melihat dirimu menemukan passion dan berhasil mewujudkannya, kamu bisa menginspirasi orang lain untuk tergerak mencari potensi yang mungkin masih terpendam.