0 %

Mon, 10 Dec 2018
Ingin Terhindar dari Batuk dan Flu? Yuk, Biasakan Hal Ini!

Setahun belakangan ini, kamu sering berjibaku dengan gejala flu yang sering datang tiba-tiba. Mulai dari demam, batuk, hidung tersumbat, kelelahan dan sakit kepala yang akhirnya memaksamu untuk menunda berbagai aktivitas. 

Nggak heran jika di tahun mendatang kamu memasang target untuk hidup lebih sehat demi menghindari datangnya batuk dan gejala flu. Yuk, mulai dengan memiliki kebiasaan baik berikut ini.

1. Mencoba Melakukan Meditasi

Mengalami stres berkepanjangan, biasanya tubuh akan merespon dengan produksi hormon kortisol yang menyebabkan penurunan sistem kekebalan tubuh. Situs Shape menyarankan untuk melakukan meditasi, yang menurut hasil penelitian dari University of Wisconsin-Madison, Amerika Serikat, dapat mengurangi peluang terkena flu hingga 50%. Selain mengurangi stres, melatih pernapasan juga dapat membantu mengurangi risiko  infeksi saluran pernapasan.

2. Hindari Meletakkan Tas di Lantai

Meletakkan tas atau ransel di lantai dapat mengundang bakteri, kuman maupun virus penyebab penyakit, terutama jika diletakkan di kamar kecil atau restoran lalu menempatkannya di meja dapur atau meja tempatmu bekerja. Apalagi jika dompet atau tasmu terbuat dari kain atau kulit, kemungkinan untuk menyebarkan kuman penyakit jadi lebih besar. Bersihkan secara rutin dengan mencampurkan sedikit sabun wajah cair dan dua cangkir air hangat lalu gunakan kain lembut untuk menyeka kotoran dari permukaan tas atau dompet.

3. Membawa Hand Sanitizer ke Mana-Mana

Mencuci tangan merupakan salah satu cara efektif dan sederhana dalam mengurangi penularan kuman dan virus penyebab penyakit flu. Selain menggunakan air bersih dan sabun, kamu juga bisa membawa hand sanitizer ke mana pun pergi. Gunakan sebelum menyentuh makanan, setelah menggunakan toilet, setelah menggunakan kendaraan umum atau baru menyentuh permukaan di tempat umum seperti meja, pegangan tangga maupun knop pintu.