0 %

Fri, 29 Mar 2019
Ini Lho 5 Cara Media Sosial Bisa Dorong Kreativitas Tanpa Batas

Di era yang akrab dengan teknologi digital, tidak sedikit orang yang mulai menggunakan media sosial. Ada banyak alasan yang mendorong banyak orang untuk memanfaatkan media sosial, salah satunya untuk mengembangkan kreativitas tanpa batas lewat 5 cara berikut ini.


1. Memberi Akses pada Orang yang Punya Pemikiran Beda

Media sosial memberimu akses ke orang yang berperilaku dan berpikir dengan cara yang berbeda. Jika hanya mengelilingi diri dengan orang-orang yang punya pemikiran sama, maka kamu akan membatasi kemampuan diri sendiri untuk melakukan inovasi.

Gunakan teknologi dengan bijak, misalnya follow akun-akun yang punya pandangan yang berbeda. Bukan untuk menyulut perpecahan atau pertengkaran, lho, tapi cenderung untuk bertukar pikiran dan memahami orang lain dari sisi yang berbeda.


2. Mendorong Munculnya Ide-Ide Baru

Semakin luas networking yang dibuat dengan menggunakan media sosial, semakin besar kemungkinan untuk menjadi lebih inovatif. Didukung oleh penelitian yang dikutip oleh situs Pauli Taylor jika orang-orang yang memiliki keragaman koneksi Twitter virtual yang lebih besar menunjukkan banyaknya ide bagus yang muncul di tempat kerja. Penggunaan media sosial dengan bijak dapat mendorong munculnya ide-ide brilian, dengan mempelajari hal-hal unik dari koneksi-koneksi baru yang dibuat.


3. Mengetahui Pendapat Orang Lain

Media sosial akan membantumu mengumpulkan pendapat dari orang lain. Hal ini penting untuk mengetahui apa yang dipikirkan oleh orang lain saat melihat karya atau menguji solusimu.

Saran-saran yang didapat pun dapat digunakan untuk memperbaiki ide maupun jawaban yang dapat mengatasi masalahmu dengan tepat. Metode ini pun mulai banyak dilakukan oleh perusahan untuk menunjukkan ide-ide baru dan mengujinya di depan umum dengan risiko yang lebih rendah daripada langsung meluncurkannya ke pasar.


4. Menjalin Kontak dengan Siapa Saja

Kemudahan yang ditawarkan oleh media sosial membuatmu mudah menjalin kontak dengan siapa pun. Ada ribuan akun, beberapa di antaranya ada yang bersifat publik atau diatur hanya dapat diakses oleh orang-orang yang dikenal.

Hal ini memudahkanmu untuk sedikit banyak mengenal pribadi yang menurutmu inspiratif dan mampu mendorong munculnya ide-ide baru. Selain artis maupun orang-orang yang bergerak di dunia seni, akun orang-orang yang inspiratif pun bisa diikuti dengan mudah. Hubungan pertemanan pun bisa diperkuat lewat jaringan online, misalnya memperkuat koneksi dengan teman yang berada di kota atau negara berlainan, hingga rekan kerja yang lama tak berjumpa.


5. Memperluas Wawasan

Rasa ingin tahu merupakan salah satu syarat untuk mengembangkan pikiran kreatif. Penggunaan jejaring sosial dapat mendorongmu untuk mempelajari hal-hal baru dan menghasilkan ide-ide bagus. Kelebihan ini didorong oleh rasa kritis pada pendapat orang lain dan menganalisa diri sendiri untuk melakukan hal yang lebih baik.


Penggunaan media sosial dapat memberikan banyak manfaat untuk mendorong kreativitas tanpa batas. Pakai dengan bijak, ya!