0 %

Tue, 15 Oct 2019
Ini Lho Langkah-Langkah Sempurna Terima Kritikan Membangun

Kebanyakan orang merasa kurang nyaman saat diberitahukan tentang kelemahannya. Tapi kenyataannya, orang lain lebih mampu melihat kekurangan daripada kita sendiri. Walau tahu jika kritik konstruktif itu baik untuk pengembangan kualitas diri, menerimanya merupakan sebuah tantangan.

Padahal hal ini bisa jadi kunci untuk mencapai keberhasilan di tempat kerja karena dapat membantumu meningkatkan produktivitas maupun hasil yang didapat. Gunakan langkah-langkah berikut ini agar dapat menerima kritikan dengan pikiran terbuka.

1. Tahan Godaan untuk Menunjukkan Rasa Frustasi

Menunjukkan sikap tersinggung dan sakit hati saat menerima kritik bisa jadi hal buruk buat karirmu. Kamu bukan hanya dikenal memiliki perilaku yang buruk, tapi juga terlalu sensitif dan sulit menerima perubahan.

Saat pertama kali mendapatkan kritikan, berhenti sejenak dan hindari memberikan reaksi apa pun. Walau hanya sebentar, tapi momen ini dapat digunakan untuk mencegah memberikan ekspresi wajah yang terkesan meremehkan dan mengingatkan diri untuk tetap tenang.

2. Jangan Tersinggung

Perlu diingat, apa pun kritikannya bukan bermaksud menilai, melainkan sebagai informasi. Agar dapat menerimanya dengan baik, pisahkan pekerjaan dan urusan pribadi.

Opini yang membangun dari orang lain nggak diberikan untuk tujuan merendahkan tapi berasal dari pengamatan seseorang yang memiliki interaksi secara profesional. Apakah orang tersebut bermaksud baik atau jahat nggak terlalu penting. Tanggapi dengan penuh hormat, lalu kamu bisa putuskan sendiri jika feedback tersebut benar-benar dapat meningkatkan kemampuanmu.

3. Jujur Minta Pendapat

Tunjukkan jika kritikan yang diberikan oleh orang lain tersebut dapat kamu terima dengan baik dengan meminta saran tentang bagaimana cara meningkatkan kinerjamu. Beritahu keinginanmu untuk menjadi lebih baik lagi di masa depan dan minta saran dengan jujur.

Secara terbuka mau mengakui kekurangan dan mau menerima saran dari orang lain justru menunjukkan kekuatanmu. Dari sini, orang-orang akan merespon dengan opini yang membangun dan bermanfaat bagi hasil kerjamu.

4. Tanya Secara Spesifik

Pahami jika memberikan kritikan yang membangun juga nggak mudah bagi sebagian besar orang. Oleh karena itu, berusahalah sesopan mungkin. Tunjukkan dengan memberikan pertanyaan tentang apa yang sebaiknya dilakukan untuk memperbaiki kinerjamu.

Jika nggak setuju dengan apa yang dikatakan dan bukan karena egomu, sampaikan juga dengan tutur bahasa yang baik. Jelaskan sudut pandangmu dan terima pendapat orang lain yang mungkin akan berbeda denganmu.

5. Tunjukkan Penghargaan Atas Feedback yang Diberikan

Tidak banyak orang yang berani jujur memberikan kritik. Bisa jadi mereka juga memiliki kelemahan yang sama dan merasa terekspos saat memberitahukannya. Jangan lupa untuk menunjukkan jika feedback yang diberikan sangat berharga. Jika perlu, tawarkan diri sebagai mitra baginya agar dapat bersama-sama meningkatkan kualitas kinerja.

Mungkin kamu nggak akan kebal dari yang namanya kritik, coba gunakan saran yang membangun untuk membantumu meraih kesuksesan di masa yang akan datang.