0 %

Fri, 29 Mar 2019
Ini Lho Modal Dasar untuk Miliki Kreativitas Tanpa Batas

Persaingan kerja yang sedemikian ketat membuatmu wajib memiliki kualifikasi yang menonjol. Kini kebanyakan industri membutuhkan orang-orang yang mampu berpikir kreatif dan out of the box, terutama saat menghadapi berbagai persoalan di tempat kerja.

Bukan hanya mereka yang bekerja di perusahaan besar saja, tapi desainer grafis, desainer web, hingga manajer media sosial pun menggantungkan pekerjaannya pada sumber kreativitas yang tanpa batas. Untuk mendapatkan ide-ide kreatif yang akan membantu memecahkan masalah yang datang setiap saat, ada beberapa modal dasar yang wajib dimiliki.


1. Kesabaran

Skill kreatif terpenting yang bisa dimiliki adalah kesabaran. Kamu harus sabar agar ide muncul dan kreativitas bisa berkembang. Berikan diri waktu dan ruang agar memberi jalan bagi ide-ide untuk terus mengalir.

iarkan pikiranmu mengembara tanpa gangguan, misalnya saat berjalan kaki tanpa tujuan, melakukan meditasi, hingga berolaharaga. Cara-cara ini dapat memberikan ketenangan dan kedamaian yang dibutuhkan untuk memicu kreativitas tanpa batas.


2. Open-Minded

Kreativitas bisa dikembangkan dengan menerima ide-ide baru yang mungkin belum pernah dipikirkan orang lain sebelumnya. Kesampingkan asumsi atau penilaian yang dimiliki dan lihat segala sesuatu dengan cara yang sama sekali baru. Dengan pikiran terbuka, kamu memberi diri kesempatan untuk berpikir kreatif. Latih dengan melihat permasalahan apa adanya dan temukan cara baru sebagai solusi paling jitu.


3. Berani

Selalu ada momen-momen sulit yang membuatmu mudah kehilangan arah, bahkan putus asa menyelesaikan pekerjaan yang sudah dimulai dengan susah payah. Hal terpenting yang dapat dilakukan saat ini adalah mengumpulkan keberanian untuk terus melangkah. Namun, penting juga untuk mengetahui kapan harus mengambil istirahat dan mengisi ulang agar dapat mempertahankan aliran kreativitas.

 

4. Rasa Penasaran yang Tinggi

Be curious. Kamu tidak pernah tahu apa yang bisa dipelajari saat menemukan hal yang berbeda. Jangan langsung mengatakan "tidak" karena kurang tertarik atau menaruh minat pada sesuatu.

Jelajahi semua peluang untuk, bahkan yang tidak terkait langsung dengan pekerjaanmu. Selain belajar dari orang-orang yang lebih berpengalaman dan berwawasan, coba mengambil kelas online atau belajar bentuk seni baru untuk memicu berkembangnya kreativitas tanpa batas.


5. Memiliki Tujuan

Memiliki tujuan memberimu arahan untuk memfokuskan energi yang dimiliki. Daripada membuang-buang energi untuk mencoba berbagai cara, memiliki tujuan khusus yang akan membantumu berkonsentrasi dan mencapai hasil terbaik. Catat ide-ide yang dimiliki sehingga dapat mendorongmu untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Jangan ragu jika awalnya mungkin ide-ide yang muncul tidak ada kaitannya dengan kreativitas. Miliki tujuan yang jelas dan membantumu untuk bangun di pagi hari dan menyelesaikan masalah yang datang sepanjang hari.


Miliki beberapa modal dasar ini untuk mendapatkan kreativitas tanpa batas, yang dapat membantumu menyelesaikan pekerjaan dan mengatasi berbagai permasalahan.