0 %

Mon, 17 Jun 2019
Ini Lho Ruginya Gampang Puas Usai Raih Kesuksesan Sesaat

Perjuangan yang melelahkan akhirnya terbayarkan dengan keberhasilan yang diinginkan. Kerja kerasmu selama ini tentunya tak bisa dipandang sebelah mata dan hal ini membuatmu merasa bangga. Tapi jangan sampai rasa bangga tersebut berubah menjadi kepuasan sesaat dan menghentikan langkahmu dari proses menuju puncak. Ini lho kerugian yang bakal dialami karena terlalu mudah puas dengan hasil yang didapat.


1. Karir Jalan di Tempat

Saat mengerjakan suatu pekerjaan dan sudah merasa cukup dengan hasil yang diraih, maka kamu akan sulit mengembangkan potensi diri. Tanpa sadar, kamu sudah menutup kesempatan untuk mengembangkan kemampuan atau karir yang dimiliki.

Coba dorong diri sendiri untuk melanjutkan usahamu untuk mengejar hasil yang lebih baik. Bisa jadi potensimu akan tergali maksimal dan mendapatkan kesuksesan di bidang yang mungkin tidak pernah dibayangkan sebelumnya.


2. Berubah Sombong

Siapa pun akan merasa bangga jika bisa meraih apa yang diimpikan. Pujian pun berdatangan pada dirimu dan kamu pun mengapresiasi diri sendiri karena telah berhasil mewujudkan keinginanmu.

Tapi jika dilakukan secara berlebihan, hal ini dapat membuatmu berubah jadi pribadi yang besar kepala dan sombong. Ingat, di atas langit masih ada langit yang mengungkapkan jika selalu ada orang lain yang memiliki kemampuan lebih baik darimu.


3. Disalip Pesaing Lainnya

Kesuksesan yang diraih terkadang menjadi hal yang membanggakan, baik bagi diri sendiri maupun orang terdekat. Tapi hati-hati karena bisa juga membuaimu dan membuatmu terjebak dalam zona nyaman. Waktu terus berjalan dan semua orang di sekitarmu berkembang bahkan melebihi kemampuanmu. Saat kamu terlena oleh keberhasilanmu, bisa jadi pencapaianmu dianggap biasa oleh pesaing dan justru mampu mengunggulimu.


4. Kehilangan Motivasi dan Harapan

Tidak jarang kepuasan yang didapat setelah mendapat hasil yang diinginkan diringi oleh rasa malas untuk melakukan hal-hal lain. Mengapresiasi perjuanganmu selama ini memang perlu, tapi jangan sampai membuatmu cepat puas dan berhenti atau bahkan patah harapan karena tantangan ke depannya yang semakin berat. Coba jadikan kepuasanmu sebagai pelecut motivasi dan harapan untuk mencapai keberhasilan yang lebih lagi.


5. Potensi Diri Tak Tergali Maksimal

Mencurahkan usaha, waktu, tenaga, dan pikiran untuk sampai di titik tertentu memang tak mudah. Kamu sendiri mungkin merasa sudah mencapai posisi yang cukup tinggi dalam hidupmu.

Tapi bagaimana jika sebenarnya ada potensi lain yang belum tergali dan dimanfaatkan dengan maksimal? Jangan biarkan rasa cepat puas menghalangimu untuk mengeksplor kemampuan lain dalam dirimu, terutama untuk menjawab perkembangan zaman yang kian pesat.


Mensyukuri pencapaian dan merasa bangga akan hasil yang didapat dari kerja kerasmu memang penting, tapi jangan sampai menghalangi langkahmu untuk terus berkembang dan jadi pribadi yang lebih baik lagi.