0 %

Mon, 15 Apr 2019
Jadi Diri Sendiri dan Jalani Hidup Lebih Bahagia dengan Cara Ini

Be yourself. Saran populer ini seakan tak henti didengungkan untuk mengingatkanmu menjadi diri sendiri. Kamu pun bisa jadi jauh lebih bahagia begitu mengetahui siapa dirimu yang sebenarnya dan belajar memiliki pandangan yang lebih positif tentang dirimu.

Yuk, jadi lebih proaktif dan lakukan beberapa perubahan seperti berikut ini.


1. Belajar Tentang Siapa Dirimu Sebenarnya

Apakah kamu sudah tahu siapa dirimu sebenarnya? Sejak masih kecil, lingkungan di sekitarmu telah menekankan hal-hal yang dianggap ideal, mulai dari fisik, gaya hidup, hingga pilihan studi maupun karir. Jika selama ini mengikuti pendapat atau omongan kebanyakan orang, gunakan satu hari secara spontan untuk menjadi diri sendiri.

Jangan terpengaruh oleh omongan buruk orang lain, baik soal fisik, keunikan, atau keahlianmu. Kenali apa yang membuatmu berbeda dan menonjol dibanding orang lain dan kembangkan, selama hal tersebut tidak membawa pengaruh buruk bagi dirimu maupun orang-orang di sekitarmu.


2. Berhenti Bersikap Negatif pada Diri Sendiri

Mudahnya untuk bersikap negatif terhadap diri sendiri, apalagi saat melihat orang lain yang dianggap punya kelebihan dibanding dirimu. Jika ingin menjalani hidup dengan lebih bahagia, penting bagimu untuk memiliki pikiran yang lebih positif.

Selain itu, biasakan dirimu untuk belajar dari kesalahan sebagai salah satu cara untuk belajar lebih banyak tentang diri sendiri. Kesalahan yang terjadi dalam hidupmu tidak harus dilihat secara negatif. Pikirkan tentang apa yang salah, pelajari dan lanjutkan hidupmu.


3. Jangan Khawatir dengan Pandangan Orang Lain

Sesekali memikirkan bagaimana pandangan orang lain dapat membantumu berubah menjadi pribadi yang lebih baik. Tapi bukan berarti harus terus-menerus bertanya tentang apa yang dipikirkan oleh orang lain. Jika memang memerlukan perubahan, lakukan karena keinginanmu sendiri, bukan karena ada orang yang mempengaruhimu.


4. Maafkan Dirimu

Sering merasa kesulitan memaafkan dirimu sendiri karena membuat berbagai keputusan yang dirasa salah? Hal ini kan membawa beban tersendiri dan menempatkan fokusmu pada masalah dan bukan solusi. Lebih baik katakan hal-hal baik tentang dirimu daripada memikirkan yang negatif. Selalu mengatakan hal-hal positif pada diri adalah tanda telah mampu memaafkan diri sendiri.


5. Selalu Utamakan Kata Hatimu

Memilih jalur pendidikan atau karir karena ingin menyenangkan orangtua maupun melakukan hal-hal yang bikin teman-teman menyukaimu sepertinya sudah jadi hal yang biasa. Tapi akan berubah jadi masalah saat kamu tidak pernah melakukan apa yang diinginkan, tapi malah lebih mendengarkan pendapat dan keinginan orang lain.


Memang menyenangkan untuk membuat orang-orang di sekitarmu terlihat bahagia, tapi ketahui batasanmu. Lakukan hal-hal untuk diri sendiri mulai dari sekarang dan untuk masa depanmu.

Jadilah bahagia dengan menjadi diri sendiri. Mulailah belajar mencintai dan temukan arti hidup yang sebenarnya.