0 %

Mon, 17 Jun 2019
Jadikan Keberhasilan sebagai Awalmu yang Baru, Ini Caranya!

Meraih keberhasilan di bidang apa pun, baik studi, pekerjaan, atau hal penting lainnya, tentunya menjadi prestasi yang membanggakan buat diri sendiri. Tapi setelah sukses apa langkah selanjutnya? Jangan berhenti dan cepat berpuas diri, jadikan kesuksesan yang sudah diraih sebagai awal untuk memulai langkah yang baru dengan beberapa langkah berikut ini.


1. Merayakan Keberhasilan

Luangkan waktu untuk merayakan keberhasilan atas upaya keras yang selama ini dilakukan. Tidak perlu membuat selebrasi berlebihan, sekadar memiliki makan malam menyenangkan di restoran favorit atau menonaktifkan ponsel dan berlibur sejenak. Gunakan momen ini untuk benar-benar merenungkan pencapaian yang sudah didapat dan menghargai kerja keras yang selama ini sudah dilakukan.


2. Coba Hal Baru

Tidak jarang banyak orang merasa mandek setelah tujuan yang diinginkan berhasil dicapai. Mungkin ini saat yang tepat untuk mencoba beberapa hal baru dan mendapatkan pengalaman yang berbeda dari pencapaian sebelumnya.

Selalu ada hal baru yang bisa dipelajari dan membuatmu kembali bersemangat untuk mengerjakannya. Eksplor kembali mimpi masa kecilmu untuk menemukan apa yang ingin diraih, seperti traveling ke berbagai negara yang belum pernah dikunjungi hingga mempelajari bidang yang awalnya pernah diabaikan.


3. Tetapkan Tujuan Baru yang Lebih Besar

Terkadang, keberhasilan yang diraih bisa membuatmu terlena dan lebih betah tinggal di zona nyaman. Hasilnya, kamu bisa saja tertinggal dan hanya puas dengan pencapaianmu selama ini. Dorong langkahmu untuk kembali maju dengan menetapkan tujuan yang lebih besar.

Untuk pekerjaan misalnya bisa memasang target untuk menyelesaikan proyek yang lebih menantang atau mengincar posisi yang lebih tinggi. Tapi pastikan ada ruang untuk melakukan ekspansi sehingga selalu ada siklus yang tak ada habisnya untuk mencapai tujuan yang yang lebih besar.


4. Coba Terlibat dalam Komunitas

Ambil contoh kamu sudah menyelesaikan maraton atau memenuhi target penurunan berat badan. Jangan langsung meninggalkan klub atau komunitas yang selama ini diikuti walau tujuannya sudah tercapai.

Bantu orang lain untuk mencapai mimpi mereka dengan belajar dari pengalamanmu. Selain terlibat dalam komunitas yang telah membantumu mencapai keberhasilan, tidak ada salahnya mempertahankan produktivitas dengan terlibat dalam berbagai kegiatan dalam bidang yang disukai. Hal ini akan membantumu mempertahankan motivasi yang dimiliki bahkan menemukan tujuan baru di bidang yang sama.


Apa pun tujuanmu dan berapa lama waktu yang diperlukan untuk mencapainya, selalu ada saat di mana kamu akan bertanya-tanya apa yang harus dilakukan selanjutnya. Selama tetap berpijak pada tujuan yang sudah ditetapkan dan tindakan yang diambil, temukan cara baru untuk memotivasi dan membidik lebih tinggi lagi.