0 %

Thu, 16 May 2019
Jaga Kesehatan Pernafasan Jelang Lebaran dengan 4 Olahraga Ringan Ini

Lebaran tinggal menghitung hari lagi, tapi masih ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Mulai dari urusan mudik, bersedekah, berbelanja urusan hari raya, hingga tetap menjalankan ibadah puasa hingga tiba hari kemenangan.

Kesibukan yang cukup menyita waktu ini bisa menurunkan kekebalan tubuh dan membuatmu rentan dihinggapi berbagai penyakit, termasuk gangguan kesehatan pernafasan. Cegah sejak dini dengan melakukan 4 olahraga ringan berikut ini.


1. Berenang

Setiap jenis gerakan dalam air, baik berenang atau aerobik di dalam air, merupakan aktivitas yang baik untuk menjaga kesehatan paru-paru. Olahraga ini dianggap mampu meningkatkan volume darah sehingga lebih banyak oksigen yang masuk dalam paru-paru dan otot. Selain itu, tubuh juga lebih efisien dalam melepas karbondioksida.

Rutin berenang dapat meningkatkan efektivitas paru-paru seperti sedang melakukan latihan pernafasan, mulai dari mengambil, menahan, dan mengeluarkan nafas. Hasilnya, paru-paru bisa bekerja optimal dan terjaga kesehatannya.


2. Berjalan Kaki

Olahraga sederhana ini bisa dilakukan siapa saja, baik anak-anak, dewasa, hingga lansia. Bukan hanya melatih seluruh otot tubuh, berjalan kaki menyesuaikan pola pernafasan sehingga dapat membangun kapasitas bernafas yang lebih baik.

Di bulan puasa ini, cari waktu terbaik untuk berjalan kaki misalnya jelang buka puasa di sekitar kompleks rumah. Lakukan secara rutin selama 30 menit setiap harinya untuk menjaga paru-paru tetap sehat dan kuat, sekaligus memberikan energi untuk menjalani ibadah puasa.


3. Yoga

Makin banyak kelas yoga yang dibuka sesuai dengan kemampuan dan tujuan yang diinginkan. Yoga sendiri dirancang khusus untuk membantu tubuh dalam melakukan detos. Lakukan teknik pernafasan selama 15-30 menit setiap harinya, terutama jelang buka puasa untuk menghilangkan racun yang ada di paru-paru.

Uniknya, yoga juga dapat dilakukan siapa saja dan dapat disesuaikan gerakannya dengan kemampuan masing-masing. Bahkan orang yang sudah lanjut usia pun dapat melakukannya dan kesehatannya tetap terjaga, mulai dari kerja organ paru-paru, jantung, hingga kulit yang terlihat awet muda.


4. Latihan Pernafasan Sederhana

Buat yang sedang mager, latihan pernafasan bisa dilakukan untuk menguatkan sistem pernafasan dan mendapat lebih banyak oksigen. Ada dua contoh latihan pernafasan yang bisa dilakukan kapan saja. Pertama, lemaskan otot leher dan bahu, lalu tarik nafas selama dua detik melalui hidung dengan kondisi mulut tertutup. Hembuskan nafas selama 4 detik lewat bibir yang mengerucut atau embuskan nafas sekuat yang kamu bisa.

Pernafasan diafragma juga bisa dilakukan dengan berbaring telentang dan menekuk lutut. Tarik nafas dalam-dalam melalui hidung selama 3 detik, dimana perut dan tuang rusuk bagian bawah harus naik tapi bagian dada tetap diam. Pastikan juga otot-otot perut berkontraksi lalu hembuskan nafas lewat bibir yang sedikit mengerucut.


Walau sedang menjalankan ibadah puasa, tetap lakukan olahraga ringan ini untuk menjaga kesehatan sistem pernafasan.