0 %

Tue, 29 Jan 2019
Jaga Semangat Tetap Positif Saat Berburu Pekerjaan yang Tepat

Perburuan pekerjaan bisa sangat menguras tenaga, mulai dari memasukkan resume hingga melakukan berbagai wawancara. Penolakan yang terus diterima terkadang membuatmu siap untuk menyerah.

Memang menemukan pekerjaan yang tepat sepertinya butuh waktu lama, tapi jangan putus asa karena kamu tidak sendirian. Tetap jaga semangatmu tetap positif dengan menjajak beberapa cara berikut ini.


1. Meluangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Caramu memperlakukan diri sendiri dapat mempengaruhi semangatmu. Ketimbang terus-menerus melihat layar komputer atau ponsel dan berharap cemas akan panggilan wawancara lainnya, coba aktivitas yang memaksamu untuk berhenti memikirkannya. Putar musik favoritmu, nikmati makanan sehat dan lezat, nyanyikan lagu untuk menyegarkan semangatmu, kenakan pakaian favorit, dan sejenak manjakan diri dengan camilan favorit, membava novel, atau menikmati film.


2. Ubah Rutinitas

Rutinitas mengamati lowongan pekerjaan, menyempurnakan surat lamaran, hingga menulis resume walau sedang berada di atas tempat tidur lama-lama membuatmu jenuh. Ganti dengan cara-cara yang memungkinkanmu untuk lebih efektif dan efisien dalam mencari pekerjaan. Coba aplikasi baru yang memudahkanmu untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan minat, atau cari suasana baru seperti kedai kopi terdekat untuk mendapatkan suntikan semangat dan energi.


3. Fokus pada Berbagai Cara untuk mencari Pekerjaan

Selama ini kamu hanya tahu satu-satunya cara untuk mendapatkan pekerjaan adalah mengirimkan resume dan surat lamaran, lalu menghabiskan hari-hari berikutnya untuk terus-menerus mengecek email. Tapi pencarian pekerjaan tidak hanya melulu menggunakan cara tersebut jadi pertimbangkan untuk mengubahnya.

Mulai dari mengikuti bursa kerja, seminar, maupun even yang memberi kesempatan untuk bertemu orang-orang baru dan meningkatkan networking. Hal ini dapat membuka kesempatan lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan yang selama ini dicari-cari. Selain itu, berlangganan newsletter juga bisa memberimu informasi terbaru jika tersedia lowongan pekerjaan.


4. Curhat pada Orang-Orang Terpercaya

Jangan pernah merasa sendirian saat melakukan pencarian kerja. Temukan teman yang mengalami hal yang sama dan terima kritik yang membangun dari orang lain. Lebih baik lagi jika bisa menemukan orang yang dipercaya dan berpengalaman untuk membicarakan masalah dengan proses pencarian kerja. Tapi jika kesulitan membicarakannya pada orang terdekat, tidak ada salahnya terlibat dalam komunitas online untuk berbagi cerita dan informasi.


5. Baca Biografi Tokoh Idola untuk Meningkatkan Semangat

Setiap orang yang kini meraih puncak kesuksesan, seperti Steve Jobs hingga Jack Ma, telah berjuang dalam membangun karirnya. Membaca biografi maupun artikel lain tentang tokoh idola dapat membuatmu merasa jauh lebih baik. Paling tidak kamu bukan orang pertama yang mengalami kesulitan mencari kerja.


Dengan meluangkan waktu, menjernihkan pikiran, dan melihat sisi positif, jangan patah semangat dan harapan untuk mendapatkan pekerjaan dalam waktu singkat.