0 %

Mon, 27 Aug 2018
Jangan Bangga Jadi Follower, Yuk Belajar Jadi Inovator

Siapa yang tak kenal dengan nama besar Steve Jobs atau Elon Musk. Kedua inovator kelas dunia ini sudah membuktikan ide-idenya yang mampu mengubah dunia. Bukan hanya unik dan inovatif, karya-karyanya pun memiliki sentuhan karakter yang tidak dimiliki orang lain. Jangan mau dicap follower, jajal beberapa langkah ini untuk membantu menghasilkan ide yang fresh dan original agar bisa seperti mereka yuk.

1. Percaya pada Ide Gilamu

Siapa yang menyangka jika Steve Jobs memulai perusahaan raksasanya dengan membuat komputer di garasi rumah bisa jadi kenyataan. Begitu juga Elon Musk yang kini menjalankan salah satu perusahaan mobil listrik paling sukses di dunia.

Semua berawal dari ide yang mungkin dianggap sebagian besar orang konyol, bahkan gila. Ini adalah contoh orang-orang yang berhasil mewujudkan kemajuan revolusioner dengan percaya jika ide gila tersebut bisa jadi kenyataan. Dari sini, kamu akan rela memberikan tenaga, waktu maupun usaha untuk mewujudkannya.

2. Kesampingkan Rasa Takut

Banyak orang percaya bahwa untuk menjadi pemimpin yang inovatif, kamu harus tidak takut. Tapi yang terjadi justru sebaliknya, rasa takut misalnya pada kegagalan atau tantangan yang akan datang akan tetap dirasakan. Bedanya, mereka yang sukses, memercayai apa yang dilakukannya cukup penting sehingga mampu mengesampingkan rasa takut yang dimiliki.

Dalam bukunya, Big Magic: Creative Living Beyond Fear, Elizabeth Gilbert mengingatkan untuk tetap berhati-hati dalam menangani ketakutan. Tidak sedikit orang-orang yang mencoba untuk menghilangkan rasa takut, tapi juga tanpa sengaja menghilangkan kreativitas yang ada. Takut adalah perasaan normal yang bisa jadi tanda dirimu semakin dekat dengan impianmu, tinggal bagaimana caranya untuk tidak membiarkannya mendikte keputusan yang kamu buat.

Masih menurut Gilbert, para inovator sukses pun membiarkan rasa takut mereka tetap ada, tetapi tidak membiarkan rasa takut memengaruhi keputusan mereka. Mereka terus berjalan. Karena jika kamu merasa takut, kamu mungkin semakin dekat dengan sesuatu yang lebih baik.