0 %

Tue, 29 Jan 2019
Jangan Berpuas Diri, Tingkatkan Motivasi untuk Belajar Skill baru

Seringkali orang-orang cepat puas setelah memiliki skill tertentu. Nyatanya, kebutuhan akan ilmu terus berkembang dan bakal tertinggal jika enggan untuk terus belajar. Misalnya pekerjaan yang menuntutmu untuk menguasai program komputer baru atau muncul keinginan untuk memulai bisnis online yang lagi kekinian.

Sayangnya, tantangan yang didapat saat mencoba menguasai kemampuan baru dapat membuat motivasi belajarmu menurun. Yuk, pertahankan semangat dengan beberapa trik berikut ini.


1. Temukan Inspirasimu

Hidup di era modern membuatmu lebih mudah untuk mendapatkan inspirasi dari apa yang ingin kamu pelajari saat ini. Buat daftar pertanyaan dan fokus untuk mencari hal-hal yang ingin dipelajari.

Jika ingin meningkatkan skill vlogging misalnya, cari vlogger yang sukses dan temukan bagaimana caramu memasukkan ide-idemu sendiri untuk menciptakan sesuatu yang baru. Begitu juga saat ingin belajar memainkan alat musik, temukan musisi favoritmu yang dapat menginspirasimu.


2. Lakukan Riset

Setelah menentukan apa yang ingin dilakukan dan bagaimana mencapainya, kamu memerlukan alat yang tepat. Baik membuat program komputer atau membuat vlog untuk memasarkan bisnis online, lakukan riset terlebih dahulu baik untuk mendapatkan peralatan yang dibutuhkan, hingga menemukan orang-orang yang inspiratif.

Belajar dari orang-orang yang juga mengalami apa yang kamu lakukan saat ini akan membantumu terhindar dari kegagalan. Hal ini penting agar tidak kehilangan motivasi saat hal-hal tidak terjadi secepat yang diinginkan.


3. Belajar dari Ahlinya

Tidak ada yang salah dengan metode belajar otodidak. Tapi ada beberapa skill yang lebih mudah dikuasai jika belajar dari orang-orang yang lebih ahli, terutama yang berhubungan dengan aktivitas fisik seperti bermain musik atau memasak. Kamu akan lebih mudah mengembangkan kemampuan dasar yang sudah dimiliki sehingga berpeluang mendapatkan kesuksesan.

Untungnya, kini mulai banyak tutor yang dilakukan secara online, sehingga tidak harus menghabiskan waktu, tenaga, bahkan biaya untuk belajar dari ahlinya. Baik bertemu langsung atau jarak jauh, keduanya dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan, tinggal pertimbangkan mana yang cocok dan mampu memotivasimu untuk terus belajar.


4. Miliki Tujuan yang Spesifik

Terkadang, kamu memiliki impian yang sangat besar dan membuatmu kewalahan mengejarnya. Jangan menunggu datangnya motivasi untuk belajar, tapi mulai saja dengan cara yang konsisten setiap hari. Nantinya, hal-hal yang awalnya tampak asing terasa lebih mudah dan menyenangkan.

Bagi proses belajarmu menjadi langkah-langkah kecil agar tidak lagi mudah menunda-nunda. Karena yang terpenting adalah terus maju dan membangun motivasi belajar skill baru.


Selain tips-tips di atas, jangan lupa untuk mendapatkan dukungan positif dari orang-orang di sekitarmu, yang akan terus mendorongmu untuk terus maju dan berkembang.