0 %

Tue, 29 Jan 2019
Jangan Biarkan Bisnismu Diam di Tempat, Kembangkan dengan Tips Jitu Ini

Banyak orang yang mengatakan jika memulai bisnis itu sulit, tapi tantangan terberat justru saat berusaha mengembangkannya. Ada begitu banyak hal yang harus dipikirkan, dipertimbangkan, dan diputuskan untuk membuat bisnis tumbuh dengan sukses. Keberhasilan ini memang tidak akan terjadi dalam sekejap, tapi ada beberapa langkah yang bisa diambil untuk membuat bisnismu terus berkembang.


1. Menentukan Tujuan

Apa pun yang dilakukan tanpa tujuan bisa membuatmu tersesat dan tak tahu arah mana yang harys ditempuh. Selain itu, memiliki tujuan yang jelas juga menjadi modal awal untuk menentukan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencapai apa yang diinginkan.

Ajukan pertanyaan sulit pada diri sendiri tentang alasan memulai bisnis. Mulai dari mendapat keuntungan dalam jumlah besar, menggeluti passion, atau bosan dengan pekerjaan nine-to-five dan ingin mencoba hal yang baru. Tapi tujuan-tujuan ini kurang kuat tanpa didukung oleh keinginanmu untuk mengembangkan ide, melayani pelanggan, dan kemampuan untuk menyeimbangkan berbagai tanggung jawab yang diemban.


2. Membangun Networking

Terkadang, kesuksesan bisnis bukan hanya berasal dari kemampuan dan keahlianmu saja, tapi tapi siapa yang kamu kenal. Jika tidak mengenal banyak orang, sekarang saat yang tepat untuk fokus membangun networking yang solid, terutama di era digital.

Bukan hanya sekadar mempermudah pemberian modal saja, koneksi yang kuat dapat memberikan saran bisnis yang berharga, menjadi pemasok, hingga membantu pemasaran produk maupun jasa yang ditawarkan. Jangan lewatkan event-event tertentu yang mengumpulkan entrepreneur muda dan berpengalaman, sebagai kesempatan bagus untuk bertemu orang-orang yang dapat membantu membangun bisnismu. Bukan hanya menemukan karyawan dan lebih banyak pelanggan, tapi juga investor.


3. Memahami Target Market

Produk atau layanan yang ditawarkan akan mendapatkan kesuksesan jika mau memperhatikan kebutuhan pelanggan. Cara mudah dan tepat untuk memahami apa yang diinginkan konsumen adalah melalui riset dan survei.

Minta feedback jujur yang akan memudahkanmu untuk mengembangkan produk dan layanan yang sesuai dengan permintaan pasar saat ini. Selain itu, hal ini juga membantumu memahami area mana yang perlu ditingkatkan, misalnya pemasaran via digital hingga customer service.


4. Manfaatkan Media Sosial

Tanpa ragu, media sosial adalah alat yang sangat kuat untuk menjangkau ratusan demi ribuan orang sekaligus. Pastikan memanfaatkan media sosial, terutama untuk memperkenalkan dan memasarkan produk maupun layanan dari bisnismu.

Selain itu, mendengarkan pendapat orang dan membaca komentar konsumen pun dapat memberimu ide tentang bagaimana membuat pelanggan merasa lebih puas. Bagian terbaiknya, kamu tidak perlu menghabiskan banyak uang hanya untuk menarik pelanggan baru. Namun tidak semua komentar memang positif, tapi jangan sampai terlibat dalam perang komentar. Think positive dan buat semua orang merasa bahwa pendapat mereka didengar.


Siap bikin bisnismu berkembang? Gunakan langkah-langkah ini untuk memulainya.