0 %

Tue, 29 Jan 2019
Jangan Menyerah! Apapun Tujuanmu, Motivasi Diri Sendiri untuk Mencapainya

Tidak sedikit yang harus bersusah payah demi mendapatkan keinginan atau mencapai tujuannya dengan cepat dan mudah. Tapi bukan berarti halangan dan rintangan dengan mudah membuatmu menyerah. Cari tahu bagaimana cara memotivasi diri sendiri agar tetap dapat fokus dan terus berusaha mewujudkan impian. Yuk, mulai dengan langkah-langkah berikut ini.


1. Memastikan Tujuanmu

Banyak orang berpikir uang saja akan cukup diajdikan motivasi. Mungkin hanya akan berhasil di awal saja, tapi setelah cukup lama kamu akan menemukan bahwa ada hal-hal yang tidak bisa dinilai atau digantikan dengan uang.

Awali dengan jujur pada diri sendiri saat menetapkan tujuan. Tidak sedikit yang memiliki tujuan karena dipicu oleh apa yang orang lain pikirkan atau katakan. Pastikan untuk mencari hal yang benar-benar diinginkan dan mampu membuatmu bahagia.


2. Bagi Rencanamu ke Langkah yang Lebih Kecil

Memiliki tujuan yang besar terkadang dapat membuatmu merasa kewalahan. Coba bagi menjadi rencana yang lebih sederhana dengan berorientasi pada tujuan yang dapat dicapai dalam waktu dekat. Jangan lupa juga untuk mencantumkan deadline sehingga membuat tugas yang lebih besar akan lebih mudah untuk dikelola.


3. Kelilingi Diri dengan Energi Positif

Energi yang positif dapat menjadi pendorong atau motivasi untuk mencapai tujuan. Kelilingi diri dengan orang-orang yang memancarkan energi positif. Bukan hanya menghibur saat kita berada dalam kesulitan, tapi mampu memberikan saran dan kritik yang membangun.

Selain bergaul dengan orang-orang yang tepat, isi pikiran dengan informasi yang membangkitkan semangat dan inspirasi. Bisa dengan membaca buku, mendengarkan podcast, hingga mengikuti akun media sosial yang menularkan kegembiraan dan motivasi positif.


4. Mengingat Gambaran yang Lebih Besar

Akan datang momen yang membuatmu kehilangan motivasi, semangat, dan kepercayaan diri. Ini saatnya untuk kembali mengingat apa yang menjadi tujuanmu ke depan. Misalnya jika sedang merasa kurang pede dengan pekerjaan, maka pikirkan bagaimana tujuanmu bukan tentang menyelesaikan pekerjaan, tapi sesuatu yang lebih besar dan mengarah pada kebahagiaan jangka panjang. Membiasakan diri untuk melakukan hal ini dapat membantumu menemukan ketenangan di saat-saat terburuk.


5. Tetap Konsisten

Last but not least adalah pentingnya konsisten dengan pekerjaanmu setiap hari. Ini artinya, walau sedang merasa kehilangan semangat, kamu mendorong diri untuk melakukan satu hal kecil yang dapat menggerakkanmu menuju tujuan akhir.


Tetap termotivasi untuk mewujudkan impian tidak sulit, asal konsisten melakukan hal-hal yang membawamu semakin dekat dengan keinginanmu. Jangan menyerah, ya!