0 %

Sat, 11 Aug 2018
Jangan Mudah Percaya Mitos Keliru Tentang Batuk dan Flu Ini

Beruntungnya kita yang dikelilingi orang-orang terdekat yang memberikan waktu dan perhatiannya saat sedang sakit batuk dan flu. Sayangnya, tidak sedikit juga yang memberikan saran-saran yang seringkali tidak masuk akal. Jangan sampai terjebak mitos keliru yang bikin penyakitmu makin parah dan memperlambat pemulihan kesehatan. Yuk, simak beberapa di antaranya!

1. Common Cold dan Influenza Itu Sama

Tidak sedikit yang bingung membedakan mana influenza dan common cold atau flu biasa karena keduanya punya gejala yang mirip seperti bersin-bersin, radang tenggorokan, atau hidung mampet. Menurut situs CDC, secara umum, influenza lebih buruk daripada common cold dengan gejala yang lebih intens.

Disebabkan oleh virus yang berbeda, common cold cenderung disertai hidung berair atau tersumbat dan tidak menyebabkan komplikasi. Sedangkan Influenza dibarengi demam tinggi selama 3-5 hari, nyeri otot sekujur tubuh, hingga mual dan muntah. Pengobatannya pun berbeda, untuk common cold bisa dibantu OBH Combi Batuk Plus Flu yang mengandung antihistamin, dekongestan, hingga paracetamol, tapi untuk influenza akan diberi resep antivirus untuk mempercepat pemulihan kesehatan.

2. Flu dan Batuk Menyebar Hanya Jika Dibarengi Demam

Sebenarnya, setiap orang dapat mulai menyebarkan virus melalui droplet (percikan lendir) yang keluar dari mulut atau hidung ketika batuk atau bersin, bahkan 24 jam sebelum gejala-gejala flu mulai tampak. Ditambahkan oleh Dr. Peter Shearer, M.D., Director of Emergency Medicine di The Mount Sinai Hospital, New York City, jika mengalami demam, tandanya kamu mengalami infeksi dan bisa menularkan virus. Penularan penyakit ini dapat terjadi dalam tiga hingga empat hari pertama dan tetap menular sampai demam hilang selama 24 jam.

3. Rambut Basah Bikin Gejala Flu Makin Parah

Ingat larangan orangtua untuk tidak duduk di dekat jendela atau pintu saat rambut masih basah? Saran ini tidak akurat karena rambut yang basah tidak memicu gejala flu bertambah parah. Dillansir dari situs Harvard Health Publishing, satu-satunya cara terkena flu adalah jika tertular kuman penyakit dari orang lain.

Sebenarnya, keramas saat sedang flu tidak menyebabkan flu semakin parah. Tapi situs Hellosehat mengingatkan bahwa penggunaan air dingin bisa membuat tubuh merasa kedinginan dan memicu penurunan sistem kekebalan tubuh, yang berperan dalam melawan infeksi. Sebagai solusi terbaik, gunakan air hangat yang bikin tubuh lebih hangat dan nyaman saat sedang sakit flu.