0 %

Fri, 29 Mar 2019
Jangan Sampai Alami Buntu Ide, Picu Kreativitas dengan Strategi Jitu Ini

Dunia bergerak lebih cepat daripada sebelumnya. Untuk mengimbanginya, banyak perusahaan yang terus beradaptasi dengan teknologi baru untuk memecahkan setiap tantangan yang berbeda setiap harinya. Oleh karena itu, butuh orang-orang yang mampu berpikir kreatif, memberi solusi, dan memiliki kepemimpinan yang baik.

Jangan sampai tersisih oleh orang-orang yang punya kualifikasi unggul. Pecahkan kebuntuan ide di tempat kerja dengan mengasah kreativitasmu lewat beberapa strategi jitu berikut ini.


1. Temukan Mentor yang Baik

Jika ingin melakukan peningkatan dalam kemampuan berpikir kreatif, cari mentor atau kritikus yang baik. Bukan hanya akan memberimu feedback yang positif, tapi juga membantumu untuk terus maju, lewat wawasan maupun pengalaman yang dimiliki oleh para mentor. Hasilnya, pekerjaanmu akan semakin membaik seiring waktu dan orang-orang akan menghargaimu dengan lebih baik.


2. Lakukan Kolaborasi dengan Rekan Kerja

Berkolaborasi bukan hanya meningkatkan pemikiran kreatifmu sendiri, tapi juga menciptakan ikatan dengan rekan kerja. Dengan bekerja bersama, kamu dapat menghargai upaya dan cara pandang orang lain, sekaligus memicu munculnya ide-ide baru yang mungkin lebih baik daripada sebelumnya. Mendengarkan dan membahas ide dengan rekan kerja tidak hanya akan membantumu meningkatkan teknik berpikir kreatif, tapi juga mendorongmu untuk mengambil risiko dalam menyelesaikan permasalahan dengan solusi-solusi baru.


3. Tulis apa Pun Ide yang Muncul

Apa pun ide yang muncul, baik terkesan remeh atau kurang masuk akal, catat di atas buku atau gunakan papan tulis di tempat kerjamu. Hilangkan gangguan seperti ponsel dan konsentrasikan untuk menuangkan inspirasi yang kamu dapatkan. Setelah itu, kamu bisa membahas ide-ide tersebut dengan rekan kerja atau mentor untuk mencari solusi mana yang paling tepat untuk mengatasi permasalahan yang sedang diahdapi.


4. Ambil Istirahat

Bekerja terus menerus dan memeras otak untuk memaksanya mengeluarkan ide-ide brilian tidak akan berhasil. hal ini justru akan memicu kebuntuan ide dan membuat kadar stresmu meningkat. Coba luangkan waktu untuk bersitirahat dan bersiap untuk hari berikutnya, sehingga kamu bisa melepaskan kreativitas dan mengatasi masalah yang berdatangan.

Lakukan perawatan diri yang dibutuhkan, mulai dari mandi air hangat, pergi ke gym, berjalan-jalan, atau membaca buku favoritmu. Bisa juga mengajak rekan kerja untuk melakukan happy hour usai pulang kerja. Bukan hanya membantumu untuk rileks, tapi juga mendekatkan hubungan dengan rekan kerja sehingga lebih nyaman membahas ide-ide baru.


5. Hindari Multitasking

Banyak yang menganggap multitasking membuat rentetan pekerjaanmu cepat selesai. Kenyataannya justru sebaliknya, kamu sering merasa kewalahan dan masalah jadi semakin lama tertunda karena tingkat stres membuat kreativitasmu buntu. Pilah mana pekerjaan yang penting dan mendesak untuk dikerjakan terlebih dahulu, baru beralih ke masalah lainnya.


Kemampuan berpikir kreatif dan kepemimpinan merupakan kemampuan utama yang kini banyak dibutuhkan di dunia kerja. Terapkan tips-tips ini dan lihat hasil luar biasa dalam pekerjaanmu.