0 %

Fri, 1 Mar 2019
Jangan Tunda Lagi, Lakukan 5 Langkah Mudah Lindungi Lingkungan Tahun Ini

Kabar mengejutkan datang dari The UN Committee on Climate Change yang telah memberi peringatan jika kita hanya punya waktu 12 tahun untuk menyelamatkan dunia dari perubahan iklim. Bukan waktu yang panjang untuk menyelesaikan masalah yang sepertinya hanya dapat diatasi oleh pahlawan super.

Jangan menyerah! Ada beberapa langkah kecil yang bsia dilakukan saat ini juga untuk mengurangi dampak buruk pada lingkungan.


1. Kurangi Konsumsi Daging

Siapa sangka jika kesukaanmu pada menu makanan berbahan daging turut menyumbang karbon dioksida dan emisi gas rumah kaca, yang dikeluarkan lewat proses fermentasi dari hewan ternak ini. mengadopsi pola makan vegan menjadi cara terbaik untuk mengurangi dampak negatif pada lingkungan.

Tapi jika tidak siap menganut pola makan vegetarian, ganti daging sapi dengan ayam yang jejak karbonnya lebih sedikit. Selain membantu menyelamatkan bumi, pilihanmu ini akan membuat tubuhmu berterima kasih.


2. Batasi Penggunaan Transportasi Online

Maraknya transportasi online membuatmu lebih mudah mencapai tujuan hanya dengan bantuan ponselmu. Walau lebih praktis dan menghemat pengeluaran ketimbang membeli bensin, penggunaan transportasi online membuatmu malas beralih ke alternatif lain seperti bersepeda, berjalan kaki, hingga menggunakan transportasi umum.

Batasi penggunaan transportasi online hanya pada saat-saat mendesak dan biasakan untuk menggunakan cara lain yang dapat mengurangi polusi dan gas rumah kaca yang berbahaya. Mulailah bersepeda yang dapat menghemat biaya transportasi, berjalan kaki yang membantumu tetap fit, hingga memilih transportasi umum yang kini tarifnya cukup terjangkau.


3. Mengurangi Pembelian Produk Fashion yang Lagi Tren

Selera fashion yang mendorongmu untuk terus update dengan tren fashion ternyata dapat membahayakan lingkungan. Menurut perusahaan konsultan McKinsey, konsumen rata-rata membeli lebih banyak produk fashion pada tahun 2014 dibandingkan dengan tahun 2000an. Untuk memenuhi permintaan pembeli, industri tekstil membutuhkan sejumlah besar air dan banyak bahan kimia beracun, sehingga menghasilkan polusi air besar-besaran.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi dampaknya. Mulai dari membeli pakaian bekas yang masih layak, memilih produk fashion yang ramah lingkungan, dan yang termudah, membatasi frekuensi membeli pakaian.


4. Bawa Wadah yang Dapat Digunakan Kembali

Sampah plastik baik dalam bentuk air minum dalam kemasan, wadah makanan, hingga kemasan makanan terus bertumpuk di tempat pembuangan sampah. Artinya, semakin banyak limbah metana yang dilepaskan ke udara dan memicu pemanasan global.

Walau kini makin banyak perusahaan yang mengambil langkah untuk mengurangi dampak negatif kemasan makanan, kamu pun bisa berkontribusi lebih dengan membawa wadah yang dapat digunakan berulang-ulang. Tak perlu gengsi membawa kotak makanan, botol minum, tumbler, atau termos sebagai wadah makanan dan minuman untuk meminimalkan sampah plastik.


5 .Gunakan Produk yang Ramah Lingkungan

Siapa pun ingin memiliki rumah yang bersih, pakaian yang terbebas dari noda, hingga ruangan yang wangi. Tapi produk rumah tangga yang biasa digunakan dapat mengandung sejumlah polutan yang dapat merusak lingkungan maupun kesehatan. Pertimbangkan untuk membuat produk pembersih sendiri yang terbuat dari bahan-bahan alami.


Tidak ada upaya yang terlalu kecil untuk dilakukan untuk membawa perubahan baik bagi bumi, jadi pilih salah satu dari kebiasaan baru ini dan lakukan hari ini!