0 %

Tue, 2 Oct 2018
Kenali Tanda-Tanda Terjebak di Pekerjaan yang Kurang Tepat

Apa tujuanmu bekerja? Kebanyakan orang mungkin akan menjawab untuk mendapatkan penghasilan yang cukup. Sayangnya, kesulitan menemukan pekerjaan yang dapat mengembangkan potensi yang dimiliki berujung pada tekanan stres, kurang bahagia dalam menjalani keseharian, hingga sulit untuk berkembang.


Cegah sebelum terlambat dengan mengenali tanda-tanda berada di jalan karir yang salah, seperti berikut ini.


1. Terlalu Banyak Mengeluh
Tiada hari tanpa mengeluh, baik pekerjaan yang kurang menantang, atau sebaliknya tumpukan tugas membuatmu selalu merasa kelelahan dan tertekan. Hal ini diperparah dengan sistem lama yang digunakan oleh perusahaan sehingga membuatmu kesulitan menyelesaikan serentetan pekerjaan.


Akibatnya, tidak sedikit yang mencari kambing hitam untuk menutupi kesalahan, mulai dari rekan sekerja hingga atasan yang dianggap sewenang-wenang memberi tugas. Padahal terlalu banyak mengeluh bukan hanya berdampak buruk bagi kesehatan, tapi juga posisimu di perusahaan. Carilah cara untuk mengungkapkan perasaanmu seperti curhat pada rekan yang dipercaya atau menyelipkan istirahat di tengah jam-jam sibuk.


2. Motivasi yang Rendah
Baru bangun pagi saja rasanya sudah malas jika harus berangkat kerja. Pikiran sudah dipenuhi oleh hal-hal negatif yang bisa terjadi seperti bertemu klien yang sulit, berhadapan dengan bos yang kurang menyenangkan, hingga tumpukan pekerjaan yang seakan tidak ada habisnya.


Daripada terjebak di mood yang buruk, bahkan sebelum bekerja, ingat kembali tujuanmu saat diterima di tempatmu bekerja sekarang. Selain itu, pikirkan hal-hal yang membuatmu nyaman dan bertahan seperti lingkungan kerja yang rukun atau bidang kerja yang disukai.