0 %

Fri, 1 Mar 2019
Komitmen pada #NoStrawMovement, Gunakan Alternatif yang Lebih Ramah Lingkungan

Topik yang berkaitan dengan kerusakan lingkungan kian banyak diberitakan demi menggugah kesadaran banyak orang untuk mengambil tindakan. Salah satunya video viral yang memperlihatkan penyu dengan sedotan yang menempel di hidungnya, sebagai bukti nyata sampah plastik yang berakhir di lautan.

Masalah tidak berhenti di situ saja, potongan plastik yang terurai menjadi mikroplatik pun dapat termakan oleh makhluk hidup dan tak jarang kembali ke manusia yang kemudian memicu gangguan kesehatan. Hal ini kemudian mendorong #NoStrawMovement yang menolak penggunaan sedotan plastik dan mendorong alternatif berikut ini.


1. Sedotan Bambu

Bambu termasuk sumber daya alam yang sering dimanfaatkan sebagai bahan kertas daur ulang, bahkan sedotan. Walau ringan, bahan bambu cukup kuat sehingga dapat dipakai berulang kali tanpa tambahan bahan kimia maupun pewarna sehingga tidak akan mengubah citarasa minuman, baik hangat maupun dingin.


2. Sedotan Kaca

Tampilan sedotan kaca yang elegan dengan beragam warna dan detail sanggup menyedot perhatian. Bukan hanya itu saja keistimewaannya, sedotan berbabahan kaca ini umumnya bebas dari bisphenol A, bahan kimia yang sering dipakai oleh industri plastik. Agar ketahanan dan keamanannya lebih terjamin, pilih produk yang terbuat dari kaca Pyrex sehingga lebih tahan lama.


3. Sedotan Berbahan Stainless Steel

Ini dia yang tengah viral sebagai pengganti sedotan plastik. Berbahan besi anti karat, sedotan ini dapat digunakan berulang kali bahkan dibawa ke mana-mana tanpa takut patah atau rusak.

Bentuknya pun ada yang lurus, bengkok, hingga berdiameter besar yang dapat dipilih sesuai dengan keinginan. Biasanya sedotan metal ini dijual dalam bentuk set, termasuk sikat pembersih dan kantong yang membuatnya praktis ditenteng ke mana saja.


4. Sedotan Silikon

Bahan sedotan silikon yang empuk ini cocok bagi anak-anak yang hobi menggigiti sedotan. Selain dapat dipakai berkali-kali, sedotan ini mudah dibersihkan dan tahan suhu panas maupun dingin sehingga aman untuk minuman hangat maupun dingin. mencucinya pun cukup mudah dan dapat direbus dalam air panas agar tetap steril.


5. Membawa Botol Minum Sendiri

Ingin total mengurangi sedotan plastik sekaligus gelas maupun botol plastiknya sekaligus? Gunakan botol minum atau gelas lengkap dengan penutupnya yang membuatnya praktis dibawa ke mana pun pergi. Selain model dan warna produk yang dapat dipilih sesuai selera, kini mulai banyak restoran atau cafe yang menawarkan diskon khusus bagi pembeli yang membawa tempat minumnya sendiri.

Jangan lupa untuk menjaga kebersihan botol atau gelas yang dibawa setiap hari dengan mencucinya dengan air hangat dan sedikit sabun atau campuran cuka dan air untuk menghilangkan bakteri. Gunakan sikat untuk menjangkau semua bagian dalam botol maupun penutupnya, lalu biarkan mengering dengan sendirinya.


Ingin mengikuti #NoStrawMovement? Gunakan alternatif sedotan plastik yang dapat disesuaikan dengan gaya hidupmu.