0 %

Tue, 29 Jan 2019
Lakukan Perubahan Ini Saat Merasa Kurang Semangat dan Motivasi

Memiliki agenda yang cukup padat terkadang menuntutmu untuk terus fokus sepanjang hari. Hal ini lama-lama dapat mempengaruhi energi dan motivasimu. Jangan dianggap remeh, coba lakukan perubahan baik secara fisik, emosional, intelektual, dan spiritual seperti beberapa langkah berikut ini.


1. Cukup Beristirahat

Bukan hanya anak-anak sekolah saja yang membutuhkan tidur siang, orang dewasa pun dapat memanfaatkan istirahat siang untuk mendapatkan dorongan energi yang cukup besar. Hanya perlu 20-30 menit untuk mengembalikan daya konsentrasi dan fokus, sehingga dapat melakukan lebih banyak pekerjaan.

Apalagi jika punya proyek yang cukup penting dan bakal menguras energimu, hindari memaksakan diri untuk terus bekerja sepanjang hari. Selipkan waktu untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran sebelum kembali beraktivitas.


2. Temukan Cara untuk Menghilangkan Stres

Hubungan dengan orang lain memiliki pengaruh yang cukup penting dalam kehidupan. Sebagai makhluk sosial, memiliki teman atau pasangan bisa menjadi sumber kebahagiaanmu, terutama saat sedang merasa kurang percaya diri. Jika sedang merasa jenuh dengan pekerjaanmu, coba hubungi teman lewat telepon dan bicara dengannya selama beberapa menit.

Selain menghubungi teman, ada cara lain yang cukup ampuh untuk menghilangkan stres, yaitu bermain game. Walau terdengar aneh, nyatanya memainkan game dapat membuatmu merasa lebih produktif dan berenergi. Tapi hati-hati dalam memilih permainan, jangan terhanyut hingga memainkannya terlalu lama, cukup beberapa menit yang dapat menghiburmu dan mengembalikan semangatmu.


3. Stimulasi dengan Buku dan Musik

Selain memberikan wawasan, manfaat lain dari membaca adalah membantumu untuk tetap fokus, seperti saat memahami jalan cerita. Jika tidak memiliki hobi membaca, mulai biasakan untuk “melahap” buku dalam kurun waktu yang ditentukan. Jika sudah mulai terbiasa, kamu akan mampu fokus dalam jangka waktu yang lebih lama saat melakukan pekerjaan sehari-hari.

Bukan hanya buku saja yang efektif memberikan stimulasi, musik pun dipercaya membangkitkan energi. Tidak ada yang dapat mengembalikan semangat dan mood secepat musik. Rupanya, mendengarkan musik melibatkan penggunaan seluruh otak dan memicu dopamin, hormon yang dapat membuatmu merasa bahagia dan meningkatkan produktivitasmu.


4. Mencoba Melakukan Meditasi

Meditasi telah digunakan selama ribuan tahun sebagai penghilang stres dan pembawa energi. Jika bekerja di kantor yang terasa sesak, temukan waktu tenang dan sendirian untuk bermeditasi, dan kamu akan merasakan perbedaan besar dalam tingkat energi dan motivasi.

Waktu yang diperlukan pun hanya beberapa menit untuk menarik dan mengeluarkan nafas dengan tenang, lalu fokuskan pikiran dan perhatian. Dijamin, energimu akan kembali dalam sekejap!


Tampak mudah dan sederhana, perubahan-perubahan kecil ini bakal membawa pengaruh besar untuk mengembalikan energimu. Tunggu apalagi?