0 %

Mon, 17 Jun 2019
Langkah Tepat untuk Siapkan Diri Kembali ke Rutinitas Usai Libur Lebaran

Lebaran telah usai. Setelah menikmati cuti panjang yang diisi oleh banyak makanan enak, mengemil kue yang seakan tidak ada habisanya, hingga tidur larut malam untuk mengobrol bersama keluarga atau sekadar menonton serial drama favorit.

Ingat, liburanmu akan segera berakhir dan kamu pun harus kembali menjalani rutinitas sehari-hari. Agar dapat kembali ke jalur yang benar, persiapkan diri dengan langkah-langkah tepat berikut ini.


1. Memperbaiki Pola Makan

saat Lebaran, sulit menahan godaan untuk menyantap sajian khas dan camilan yang sudah disediakan. Hasilnya, dalam beberapa hari saja, tubuh terasa lebih berat dan pakaian mulai sedikit sesak. Begitu juga kebiasaan bangun lebih siang yang bikin kamu melewatkan jam sarapan.

Begitu akan kembali ke rutinitas semula, atur pola makan dengan membiasakan untuk sarapan pagi dan makan dengan porsi yang cukup. Bukan hanya memiliki pola makan yang seimbang, tapi juga tingkatkan asupan buah dan sayur serta menghindari makanan berkalori dan berlemak tinggi.


2. Cukup Minum Air Putih

Ingat-ingay lagi deh, kebanyakan minuman yang dinikmati selama bulan puasa dan Lebaran yang sudah lewat didominasi rasa yang terlalu manis atau mengandung soda. Walau terasa menyegarkan, tapi konsumsi minuman yang tinggi gula, berkafein, atau bersoda malah membuat tubuh terasa lemas dan kurang fit. Coba perbaiki pola minum dengan mengonsumsi 8 gelas air putih setiap hari, khususnya setelah bangun pagi untuk melakukan detoks atau mengeluarkan racun dari dalam tubuh.


3. Benahi Jadwal Olahraga

Intensitas olahraga selama bulan puasa dan Lebaran memang jauh berkurang dibandingkan rutinitas harian. Hal ini dipicu tubuh yang lemas dan keinginan untuk bermalas-malasan. Tidak heran jika jarum timbangan semakin ke kanan dan mulai terasa gangguan kesehatan akibat kalap makan dan jarang berolahraga.

Ini saatnya untuk mengembalikan kebiasaan berolahraga dnegan memilih aktivitas fisik yang ringan terlebih dahulu. Lakukan minimal seminggu tiga kali dan tingkatkan perlahan hingga kembali seperti jadwal olahraga semula.


4. Cukup Istirahat

Selama bulan puasa, tubuh mulai beradaptasi untuk bangun lebih awal karena harus sahur. Rupanya, kebiasaan ini terbawa walau tak lagi berpuasa dan membuatmu merasa lebih lelah saat siang, apalagi kamu juga sering begadang saat mengobrol bersama teman atau menonton film bersama keluarga.

Kekurangan tidur ini berisiko membuatmu mudah lelah dan menurunkan kekebalan tubuh, sehingga rentan terkena penyakit. Mulai sekarang, coba perbaii pola tidur dengan mengusahakan memiliki jam tidur 7-8 jam setiap malam.


5. Jalani Pola Diet Sehat

Bulan puasa biasanya dijadikan momen tepat untuk sekaligus menjalani diet. Nyatanya, yang terjadi malah sebaliknya karena porsi makan justru lebih banyak. Mulailah untuk menjalani program diet yang sehat dan disesuaikan dengan kebutuhan. Jika ingin menurunkan berat badan, tingkatkan asupan serat dan kurangi makanan yang mengandung lemak maupun karbohidrat.


Lawan rasa malas dan mulai latih diri dari sekarang agar tidak merasa jet lag pasca libur Lebaran.