0 %

Fri, 27 Jul 2018
Lebih Menikmati Hidup dengan Berhenti Mengeluh

Kamu mengeluh ketika berada dalam antrean panjang, merengek saat cuaca panas atau hujan dan  kesal saat mendapat servis lambat. Singkatnya, sadar atau tidak, kita banyak mengeluh dan bahkan membiarkannya menjadi kebiasaan.

Sayangnya, mengeluh hanya akan membuat suasana hati jadi buruk dan kurang bisa merasa puas dengan kehidupan sehari-hari. Coba beberapa metode berikut ini untuk berhenti mengeluh dan lebih menikmati hidup.

1. Tanyakan pada Diri Sendiri Apa yang Didapat dari Mengeluh

Mengeluh memang seakan tidak menghabiskan energi dan waktu untuk melakukannya, tapi apa kebiasaan ini benar-benar membantumu? Sebelum melontarkan kata-kata bernada negatif, cobalah untuk mengambil waktu sejenak untuk menilai jika hal-hal yang ingin dikeluhkan tersebut layak mendapat energi dan upaya. Usahakan untuk selalu merefleksikan diri sebelum kamu mulai mengeluh.

2. Putuskan Waktu yang Tepat untuk Move On

Tidak semua hal dapat dikendalikan, sehingga hal terbaik yang dapat dilakukan untuk diri sendiri adalah menerima situasi tersebut dan moving on. Jangan buang waktu untuk tenggelam dalam rasa  frustrasi tentang sesuatu yang tidak bisa diubah. Jika ada solusi, maka fokuskan energi dan perhatianmu daripada memikirkan masalah.

Cobalah untuk menjadi lebih fleksibel dan memanfaatkan situasi negatif. Misalnya, jika di luar terlalu panas, manjakan dirimu dengan es krim, atau apabila penerbangan tertunda, kamu juga bisa ambil buku atau hubungi orang yang dicintai.