0 %

Tue, 15 Oct 2019
Lihat Kritik sebagai Peluang untuk Maju dan Bukan Alasan untuk Mundur Selangkah

Kekurangan yang dimiliki setiap orang terkadang menjadi sumber kritik yang diharapkan dapat membawamu menjadi pribadi yang lebih baik. tanpa mempedulikan jenis kritik seperti apa yang sedang dihadapi dalam hidup, ada cara untuk mengubah energi negatif menjadi motivasi positif untuk mendorongmu selangkah lebih dekat mencapai tujuanmu.

1. Gunakan Kritik untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah

Kemampuan untuk memecahkan masalah cukup penting untuk dimiliki jika ingin menikmati kesuksesan dalam hidup. Meskipun kita semua memiliki masalah untuk dipecahkan sepanjang hidup, sayangnya nggak semua orang terlahir dengan mentalitas yang tangguh dan mudah mencari solusi untuk setiap permasalahan. Di sinilah kritik benar-benar dapat membantumu menjadi lebih sukses.

Menyelesaikan masalah besar saat kamu sedang merasa sensitif, rendah diri, atau terganggu oleh perasaan orang lain nggak akan mudah. Ketika belajar bagaimana menangani kritik, lama-lama akan terbiasa mengesampingkan emosi-emosi itu dan mengatasi beragam rintangan yang ada.

2. Membantumu Jadi Pribadi yang Lebih Dewasa

Ketika seseorang memberi kritik, kebanyakan akan langsung masuk ke mode defensif. Namun, lama kelamaan, kamu akan belajar jika mendengarkan kritik orang lain dan memilih untuk tidak bereaksi dengan cara negatif, situasi yang awalnya panas bisa menjadi tenang.

Hal ini akan membantumu dalam semua bidang kehidupan, terutama untuk mengejar tujuan dan impian. Akan selalu ada orang-orang yang mencoba menghancurkanmu, tapi anggap saja sebagai kesempatan bagimu untuk belajar bagaimana menangani kritik dan menjadi orang yang lebih baik.

3. Mendorongmu Melakukan Perubahan

Nggak setiap kritik dimaksudkan untuk menyakiti atau merusak. Beberapa orang  yang memberimu kritik, sebenarnya berusaha membantumu untuk menjadi lebih baik. Orang-orang itu telah belajar bagaimana menangani kritik, dan mereka berharap kamu melakukan hal yang sama.

Jika memang ingin melakukan perubahan baik dalam hidupmu, coba untuk mendengarkan saran mereka. Kadang-kadang sulit untuk melihat kekurangan kita sendiri, dan jika mau mendengarkan pendapat orang-orang yang dipercaya, tentunya akan membuatmu lebih baik dari waktu ke waktu.

4. Mengajarkan Bagaimana Berinteraksi dengan Orang Lain

Berinteraksi dengan seseorang yang memujimu biasanya akan jauh lebih berbeda saat berhadapan dengan orang yang mengkritik. Kenyataannya, kamu akan dikritik beberapa kali dalam hidup, jadi belajar bagaimana berinteraksi dalam situasi semacam itu sangat bermanfaat. Jika seseorang mengatakan hal-hal negatif bahkan menyakitkan, pelajari cara berinteraksi dengan tenang yang akan membawa hasil baik dallam jangka panjang.

5. Termotivasi untuk Mengubah Pandangan Negatif Jadi Keberhasilan

Terakhir dan terpenting, ingatlah bahwa pandangan negatif dari orang lain dapat memberimu lebih banyak motivasi untuk berhasil. Jika mereka tidak percaya padamu, itu artinya mereka tidak mengenal dengan baik.

Sikap tidak menyerah pada kritik negatif merupakan cara terbaik untuk membuktikan bahwa mereka salah. Memang nggak mudah, tapi ingatlah bahwa kamu bisa menangani kritik dan menjadi penguasa takdirmu sendiri!

Kritik baik negatif maupun konstruktif dapat diubah jadi motivasi positif selama kamu tetap pada hal yang terpenting, yaitu tujuanmu.