0 %

Thu, 16 May 2019
Makanan Sehat Penjaga Kesehatan Pernafasan, Biar Lebaran Makin Maksimal

Lebaran sudah di depan mata, bahkan persiapannya sudah dilakukan sejak awal bulan Ramadan. Jangan sampai momen yang fitri ini terganggu oleh kesehatan pernafasan yang mulai menurun.

Apalagi mengingat agenda yang cukup padat nantinya, mulai dari mudik, silaturahmi bersama keluarga, hingga mengunjungi tempat wisata. Yuk, jaga tubuh tetap sehat dengan memasukkan beberapa makanan berikut ini.


1. Apel

Tinggi kandungan flavonoid, antioksidan dan vitamin, apel mampu menjaga kesehatan tubuh, termasuk paru-paru. Rutin memakan apel setiap hari dapat melindungi tubuh sistem pernafasan dari radang, asma, hingga mencegah kanker. Selain memakan apel secara langsung, meminum segelas jus apel yang mengandung senyawa fenolik dan flavonoid dapat mengurangi risiko peradangan dan menjaga fungsi optimal paru-paru.


2. Salmon

Seperti ikan berlemak baik lainnya, salmon menjadi sumber utama asam lemak Omega 3. Selama ini dikenal bagus untuk menjaga kesehatan jantung dan fungsi otak, kandungan asam lemak di salmon juga membantu menjaga kesehatan paru-paru. Mulai dari membantu menurunkan peradangan di paru-paru, melawan bakteri yang berkaitan dengan penyakit paru-paru, hingga membantu meredakan gejala asma.

Untuk mencegah asupan lemak jenuh, gunakan metode memasak rendah lemak, seperti memanggang atau mengukus. Bisa juga mendapatkan bahan makanan lainnya yang kaya asam lemak Omega 3 seperti kacang-kacangan dan flaxseeds.


3. Yogurt

Yogurt adalah produk fermentasi berbahan susu yang kaya protein, kalsium, dan probiotik atau bakteri yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam British Medical Journal pada Juni 2001, probiotik dapat membantu mencegah infeksi pernapasan.

Probiotik juga dapat membantu mengurangi gejala flu dan batuk. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari probiotik, konsumsi yogurt secara rutin, saat sahur maupun berbuka.


4. Brokoli

Brokoli penuh dengan vitamin C, folat, karotenoid, dan phytochemical yang memerangi unsur-unsur yang merusak kesehatan paru-paru. Lebih khusus lagi, sayuran hijau ini memiliki senyawa aktif yang disebut L-sulforaphane, yang mendorong sel-sel untuk mengaktifkan gen anti-inflamasi yang dapat mencegah gangguan kesehatan sistem pernapasan.


5. Jahe

Sering dijadikan sebagai bumbu penyedap atau minuman hangat, jahe punya khasiat penting untuk menyehatkan paru-paru. Selain sebagai anti peradangan, jahe juga dapat membantu detoksifikasi dan meredakan hidung tersumbat, dan meningkatkan sirkulasi paru-paru. Konsumsi jahe secara teratur bisa jadi cara mudah dan murah dalam menjaga kesehatan paru-paru.


Untuk menjaga kesehatan paru-paru, masukkan bahan makanan berikut ini ke dalam menu makan sahur maupun berbuka. Selamat menyambut Lebaran dengan tubuh sehat terbebas dari gangguan pernafasan!