0 %

Fri, 29 Mar 2019
Media Sosial Bisa Bikin Kreativitasmu Menurun, Tingkatkan Kembali dengan Cara Ini

Tak bisa dipungkiri jika media sosial mampu membuat hari-harimu jadi lebih berwarna. Selain menjadi salah satu sumber inspirasi, juga mampu memberikan informasi yang cepat dan membuka wawasan luas akan apa yang ada di dunia luar. Sayangnya menghabiskan terlalu banyak watu di media sosial juga berisiko menghambat kreativitas, lho.

Jika merasa banyak waktu yang terbuang percuma karena terlalu asyik bermain media sosial, lakukan beberapa hal berikut ini untuk kembali memacu kreativitasmu.


1. Break dari Media Sosial

Terlalu tenggelam di dunia media sosial membuatmu sulit lepas dari cengkeramannya. Di tengah waktu luang, secara otomatis tanganmu meraih smartphone dan membuka media sosial hingga bermenit-menit lamanya. Menghentikan penggunaan internet untuk selamanya mungkin terlalu ekstrem, sebaiknya mulai dengan mengambil istirahat dari media sosial.

Matikan notifikasi yang menggugah keinginanmu untuk mengintip apa yang terjadi di akun media sosialmu. Di tengah proyek yang penting, non-aktifkan ponsel atau atur dalam mode silent di akhir pekan untuk memberi waktu lebih banyak untuk diri sendiri maupun orang-orang di sekitarmu.


2. Pergi ke Luar Rumah

Alam penuh dengan energi yang memberi kehidupan, yang sayangnya sering dilupakan karena terlalu asyik menatap layar ponsel. jalin kembali kedekatan dengan apa yang ditawarkan oleh alam. Letakkan ponsel dan gunakan waktu untuk berjalan-jalan, menghirup aromanya, melihat pemandangannya, dan biarkan pikiranmu merasa tenang. Lakukan secara rutin untuk mengembalikan inspirasi dan kreativitasmu.

 
3. Jangan Menunda untuk Mewujudkan Idemu

Tanpa gangguan dari media sosial, ide akan terus berdatangan. Mulai dari sesuatu yang sederhana seperti keinginan untuk memakan menu yang gurih, hingga keputusan yang mengubah hidup seperti pindah ke kota lain.

Gagasan yang dimiliki saat berjalan-jalan di tengah alam terbuka atau menghabiskan waktu sendirian sangat berharga. Inilah ide yang akan membuatmu melangkah maju, merasa hidup, dan lebih bahagia. Tuliskan dan buat target kapan harus mencapainya.


4. Lakukan Hal Lain yang Dapat Mengasah Kemampuan dan Bakatmu

Setelah berhenti memainkan game yang ada di media sosial, berhenti mengikuti akun, dan menolak permintaan pertemanan dari orang-orang yang terus memberikan penawaran bisnis, ponselmu jadi lebih sepi dari notifikasi. Gunakan waktumu yang berharga untuk mengasah kemampuan dan bakatmu.

Temukan hal-hal yang sudah lama ingin dilakukan, misalnya mengikuti kelas kebugaran, mencoba memainkan alat musik, hingga belajar bahasa asing. Wawasan dan pengetahuanmu pun jadi makin luas berkat waktu yang digunakan dengan efektif untuk mengembangkan potensi diri sendiri.


Kini memang sulit untuk memisahkan antara kehidupan nyata dengan online. Tapi jika digunakan dengan hati-hati, media sosial akan memberikan manfaat baik buat kehidupan sehari-hari.