0 %

Mon, 10 Dec 2018
Memulai Kembali Setelah Gagal itu Berat, Awali dengan Langkah Ini

Mengalami kegagalan itu menyebalkan. Selain membuatmu terpaksa memulai kembali dari awal, juga berpotensi untuk melukai kepercayaan dirimu dan mengevaluasi kembali cara-cara yang selama ini digunakan. Ketimbang menyerah dan menyisakan tanda tanya besar pada hasil akhir, gunakan kegagalanmu sebagai awal perjuanganmu. Biar langkahmu terasa lebih ringan, coba beberapa cara berikut ini.

1. Memberi Cukup Waktu

Setelah mengalami kegagalan baik dalam hal hubungan atau pekerjaan, kamu wajib meluangkan waktu untuk memikirkan segala sesuatu. Jangan sampai membuat keputusan gegabah atau berkomitmen pada sesuatu yang bakal kamu sesali di kemudian hari. Gunakan kesempatan ini untuk menjernihkan pikiran untuk menghadapi situasi ini dan sebisa mungkin nggak memberi celah pada orang lain untuk memberi tahumu apa yang seharusnya dilakukan dengan hidupmu sendiri.

2. Maafkan Kegagalanmu

Saat ini kamu mungkin kehilangan proyek penting atau baru saja mengakhiri hubunganmu. Sebelum bisa move on, terima kegagalanmu dan maafkan dirimu sendiri.

Langkah ini mungkin membutuhkan waktu yang cukup lama untuk berhenti menyangkal apa yang sudah terjadi dan menerima kenyataan yang sudah terjadi. Begitu kamu bisa menerima jika kegagalan merupakan bagian dari fase kehidupan yang harus dijalani, baru bisa menjalani tahap selanjutnya.

3. Bertanggung Jawab Sendiri

Menyalahkan orang lain atas kegagalan yang dialami mungkin merupakan jalan yang lebih mudah, tapi bukan berarti langkahmu untuk maju jadi makin ringan, lho. Justru sebaliknya, kamu menutupi masalah yang sebenarnya dan sulit menemukan solusi tepat, sehingga akan terus mengulangi kesalahanmu. Gunakan kegagalanmu sebagai motivasi, bukan alasan. Jadikan sebagai pelajaran penting yang membuatmu selangkah lebih dekat dengan tujuanmu.