0 %

Sat, 20 Oct 2018
Orang Sukses Punya Trik Khusus Hadapi Kritikan, Yuk Tiru!

Siapa bilang orang sukses kebal pada kritik? Kenyataannya, feedback maupun kritik penting bagi mereka untuk menemukan kekurangan dan memperbaikinya. Jika ingin mengikuti langkah kesuksesannya, kenali trik-trik khusus dalam menghadapi kritikan seperti berikut ini.

1. Ajukan Pertanyaan untuk Klarifikasi

Daripada terlibat konfrontasi yang berujung masalah yang lebih besar, orang-orang memilih mengajukan pertanyaan untuk mendapatkan akar masalah. Berikan pertanyaan pada si pemberi kritik untuk memahami permasalahan yang sesungguhnya sehingga dapat mencari solusi tepat. Begitu juga saat mendapatkan kritikan pedas, mereka jarang menganggapnya terlalu personal, tapi mempertimbangkan masukan tersebut untuk memperbaiki kualitas pekerjaan.

2. Mencari Sisi Positif

Walau sulit, orang-orang yang telah mencapai keberhasilan berusaha melihat sisi positif dari kritikan pedas yang ditujukan pada mereka. Idealnya, feedback diberikan untuk membuat mereka lebih baik dengan menunjukkan area-area yang mungkin nggak tepat sasaran. Lihat dan dengarkan dengan seksama apa yang dilihat dari orang luar, yang cenderung menemukan permasalahan dengan lebih baik.

3. Buat Catatan

Orang-orang sukses menyadari jika hadir dan mendengarkan hanyalah sebagian kecil jalan menuju sukses. Sisanya terletak pada mencatat dan menuliskan poin-poin ktirik tertentu mana yang cocok atau yang nggak cocok.

Jangan takut untuk mencatat selama percakapan. Bukan hanya kamu akan menganggap orang-orang yang memberi kritik serius, tapi juga menjadi memudahkanmu saat akan melihat kembali dan menindaklanjuti feedback di kemudian hari.