0 %

Tue, 20 Nov 2018
Pentingnya Tentukan Prioritas di Tempat Kerja

Akrab dengan pekerjaan yang sering belum selesai di penghujung hari atau stres menghadapi tumpukan tugas yang seakan nggak ada habisnya? Jangan langsung meratapi nasib burukmu. Bisa jadi hal ini disebabkan oleh kekuranganmu dalam mengatur prioritas pekerjaan. Untuk mendorongmu mengasah skill ini, yuk ketahui manfaat membuat prioritas.

1. Meningkatkan Fokus pada Pekerjaan

Sudah jadi hal biasa bagi para pekerja untuk menghadapi berbagai pekerjaan dengan spesifikasi yang berbeda-beda. Atasan pun nggak lagi meminta hasil kerja yang cepat tapi juga detil dan memiliki kualitas terbaik.

Agar dapat mempertahankan tingkat fokus pada setiap tugas yang diberikan, menentukan prioritas pekerjaan wajib dilakukan. Menempatkan hal-hal yang penting, mendesak dan butuh banyak waktu maupun konsentrasi wajib di daftar teratas akan melatih fokusmu. Hasilnya, bukan hanya bekerja dengan lebih efektif tapi juga meningkatkan produktivitas.

2. Melatih Kerja Cerdas

Work smarter, not harder. Kamu mungkin sudah nggak asing mendengar ungkapan ini yang menfokuskan pada bekerja dengan lebih efektif tanpa harus menguras tenaga maupun waktu yang dimiliki. Menyusun daftar prioritas dari pekerjaan yang mengalir tanpa henti akan membantumu bekerja lebih efektif. Mulai dari alokasi waktu untuk mencegah pekerjaan yang terus tertunda, hingga mencatat hal-hal yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas.

3. Menjaga Level Kreativitas

Terkadang beban pekerjaan yang terlalu besar memicu stres dan menyebabkan jalur kreativitas jadi buntu. Mengetahui daftar tugas apa saja yang harus diselesaikan di hari itu memungkinkanmu untuk memiliki pikiran yang jernih dan memberi kesempatan untuk berpikir out of the box untuk memberikan hasil kerja terbaik. Memiliki daftar prioritas yang dibuat semalam atau beberapa hari sebelumnya dapat membantumu membentuk rutinitas yang baik dan meningkatkan kreativitas.

4. Menyeimbangkan Kerja dan Urusan Pribadi

Pernah merasa hidupmu hanya untuk bekerja dan bekerja? Hal ini sering dialami orang-orang yang cenderung kesulitan menentukan apa yang menjadi prioritasnya. Ubah kebiasaan buruk ini dengan memiliki gambaran yang jelas tentang apa yang perlu dilakukan dan kapan hal itu perlu dilakukan.

Selain mengurangi stres juga mencegahmu menunda atau bahkan melupakan pekerjaan penting. Usai sepenuhnya berkonsentrasi pada pekerjaan dan menyelesaikannya dengan baik, kamu bisa pulang tepat waktu bahkan lebih cepat dari biasanya dan fokus pada kehidupan pribadi, menyenangkan bukan?

5. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Ketika mencentang kotak atau mencoret item dari daftar prioritas tugas di hari tertentu, kamu akan merasakan kebahagiaan dan kepuasan tersendiri. Walau mungkin dianggap sepele, tapi hal ini dapat membantu membangun kepercayaan diri karena telah berhasil menyelesaikan suatu pekerjaan dengan baik. Terbiasa menyusun daftar prioritas dan berkomitmen untuk menyelesaikannya akan mempersiapkanmu dalam menetapkan tujuan yang lebih besar, lebih baik dan mengambil lebih banyak tanggung jawab.

Sudah membuat daftar prioritas pekerjaanmu hari ini?