0 %

Fri, 1 Mar 2019
Perubahan Kecil untuk Gaya Hidup Eco-Friendly, Lakukan Hari Ini

Gaya hidup yang lebih eco-friendly bukan hanya dianggap sebagai tren yang kekinian, tapi juga dipicu oleh kesaran akan kesehatan lingkungan yang kian terancam. Memang butuh komitmen yang kuat untuk menjalaninya. Berita baiknya, pola hidup yang ramah lingkungan ini dapat diawali dengan langkah-langkah sederhana dan terjangkau oleh siapa saja, bahkan yang punya dana terbatas.


1. Membuat Rencana Makanan

Sering membeli banyak bahan makanan yang berujung busuk atau kadaluarsa? Jadi merasa bersalah karena tidak hanya menyia-nyiakan uang, tapi juga membuang makanan begitu saja.

Ubah kebiasaan buruk dengan membuat perencanaan makanan. Tulis daftar belanja dan sebisa mungkin untuk mematuhinya, agar tak ada lagi kelebihan makanan atau bahan makanan yang belum sempat terpakai dan berakhir di tempat sampah.


2. Kurangi Sampah Plastik

Sampah plastik adalah masalah besar bagi bumi. Bukan hanya mencemari lautan, tanah, dan udara, tapi juga membunuh satwa bahkan mendatangkan penyakit bagi manusia. Sayangnya. Sulit untuk sepenuhnya menghindari plastik dalam kehidupan sehari-hari, tapi kamu bisa menguranginya dengan beberapa langkah sederhana.

Mulai dari menggunakan tas yang dapat digunakan kembali saat berbelanja, hindari membeli botol air sekali minum maupun sedotan plastik, hingga hindari membeli produk yang dikemas dalam plastik jika memungkinkan. Selain itu, dorong diri untuk berbelanja di pasar lokal dan kurangi pembelian online yang sering menggunakan bungkus plastik untuk mengirimkan barang-barang.


3. DIY untuk Membatasi Pembelian

Tren Do-it-yourself masih gencar dilakukan apalagi jika dikaitkan dengan upaya melestarikan lingkungan. Ketimbang membeli produk pembersih yang penuh dengan kandungan bahan kimia, buat produk sendiri yang cukup efektif walau terbuat dari bahan-bahan alami. Selain produk pembersih, daur ulang beberapa barang yang ada di rumah ketimbang langsung membuangnya ke tempat sampah.


4. Berhemat dengan Menanam Sayuran di Rumah

Selalu ada cara untuk menghemat uang belanja saat berbelanja sayuran maupun buah-buahan di pasar maupun supermarket, misalnya membeli saat panen atau dalam jumlah banyak. Tapi berkebun juga jadi cara tepat untuk mengirit pengeluaran sekaligus menemukan hobi yang seru untuk mengurangi stres.

Peralatan dan perlengkapan berkebun pun umumnya tidak mahal, hanya butuh komitmen dan usaha untuk merawat tanaman sayur maupun buah-buahan. Mulai dengan jenis tanaman yang membutuhkan perawatan minimalis dan terus kembangkan kemampuan dan wawasanmu. Tak perlu bingung jika lahan di rumah sempit, karena kini banyak cara untuk berkebun di rumah, baik vertical gardening maupun hidroponik yang irit tempat.


Melakukan hal sederhana ini mungkin tidak akan langsung menyelamatkan bumi dari kerusakan, tapi kontribusimu akan jauh lebih berharga bagi lingkungan ketimbang memilih diam.