0 %

Thu, 16 May 2019
Puasa Tak Harus Bikin Produktivitas Kerja Menurun, Ini Triknya!

Kombinasi lapar, haus, dan mengantuk di bulan Ramadan memang jadi godaan tersendiri untuk menghabiskan seharian dengan bermalas-malasan. Tapi jangan menjadikan puasa sebagai alasan untuk membiarkan produktivitas kerja menurun dan pekerjaan jadi terbengkalai.

Agar ibadah puasa dan rutinitas bekerja tetap berjalan seimbang, ikuti trik jitu berikut ini yang akan membantumu untuk tetap fokus menyelesaikan agenda pekerjaan.


1. Pastikan Tidur yang Cukup

Agar punya energi yang cukup untuk menjalani puasa, sahur tidak boleh dilewatkan. Tapi bangun lebih awal untuk santap sahur membuat jam tidurmu berkurang yang bisa berpengaruh pada kemampuanmu dalam berkonsentrasi. Untuk mempertahankan fokus, majukan jam tidurmu hingga memiliki waktu tidur 7-8 jam sehingga terhindar dari rasa kantuk saat bekerja.

Selain tidur lebih awal, maksimalkan tingkat konsentrasi di bilan puasa dengan membuat jadwal tidur dan bangun yang sama setiap hari. Gunakan alarm yang akan membantumu mengingat waktu tidur dan bangun untuk sahur.


2. Konsumsi Vitamin dan Mineral

Pola makan selama bulan Ramadan juga bisa jadi penyebab tubuh yang merasa lemas dan konsentrasi yang menurun. Walau hanya boleh makan dan minum di jam-jam tertentu, pastikan mendapatkan asupan makanan yang bergizi pada saat sahur dan berbuka puasa, terutama yang tinggi vitamin dan mineral.

Tingkatkan konsumsi sayur dan buah yang bukan hanya membuat kenyang lebih lama, tapi tinggi vitamin dan mineral, seperti vitamin B, C, E, dan magnesium yang akan mendukungmu tetap fokus selama menjalani aktivitas seharian.


3. Istirahat Sejenak

Bekerja terus-menerus tidak akan membuat produktivitas kerjamu meningkat. Justru terpaku pada pekerjaan tanpa beristirahat berujung pada kelelahan dan hasil kerja yang tak maksimal. Luangkan waktu kurang lebih 15 menit untuk beristirahat dan mengembalikan tenaga maupun motivasimu. Jika tak punya kesempatan untuk keluar ruangan, lakukan peregangan ringan, membaca buku favorit, hingga mendengerkan lagu yang bikin kembali bersemangat.


4. Lakukan Olahraga Ringan

Puasa jadi alasan untuk bolos berolahraga? Sebaiknya pikirkan kembali keputusanmu, karena aktivitas fisik yang cukup ringan justru membantumu menjaga kesehatan sekaligus mempertahankan konsentrasi. Luangkan waktu jelang buka puasa atau 1-2 jam usai berbuka dan pilih olahraga dengan intensitas ringan seperti berjalan kaki, bersepeda, atau yoga.


5. Menjauh dari Hal-Hal yang Mengganggu Konsentrasimu

Siapa pun tentu ingin pekerjaan yang kini sedang dihadapi selesai dengan baik dan lancar. Kunci produktivitas kerja yang optimal ada pada konsentrasi penuh, sehingga sebaiknya menjauhi hal-hal yan mampu mengganggu fokus. Mulai dengan mematikan nada dering telepon hingga mendengarkan musik yang bikin fokus dan semangatmu kembali penuh.


Walau sedang berpuasa, produktivas kerja harus terjaga dengan optimal. Yuk, jajal beberapa trik jitu ini!