0 %

Tue, 20 Nov 2018
Rekan Kerja yang Negatif Bisa Bikin Bad Mood di Tempat Kerja, Atasi Segera!

Beruntungnya kamu yang mendapatkan pekerjaan yang sudah lama diimpikan. Namun, bahkan dalam pekerjaan yang dianggap sempurna, selalu ada tantangan yang sulit untuk diprediksi, salah satunya rekan kerja yang negatif. Mereka adalah orang-orang yang nggak menyukai pekerjaannya, lingkungan kerja bahkan bermasalah dengan atasan maupun rekan kerja lainnya.

Jangan biarkan hubunganmu dengan mereka yang suka mengeluh dan bergosip ini sampai memengaruhi hasil kerjamu. Tangkal bad mood di tempat kerja dengan mengambil beberapa tindakan berikut ini.

1. Menolak Terlibat Politik Kantor

Salah satu yang menonjol dari rekan kerja yang negatif adalah kegemarannya untuk bergosip di setiap kesempatan yang ada, bahkan di tengah kesibukan bekerja. Memang sulit untuk menghindari politik kantor, apalagi saat rekan kerja berada di lingkungan yang sama dan membicarakan sosok yang dekat denganmu. Daripada ikut bergosip, sisipkan permintaan maaf dan buat alasan untuk keluar dari topik tersebut dengan sopan.

2. Habiskan Waktu dengan Rekan Kerja yang Lebih Positif

Menghabiskan terlalu banyak waktu berada dalam lingkungan yang negatif lama-kelamaan dapat mengubahmu menjadi pribadi yang pesimis, sinis dan gampang curiga. Cegah sejak awal dengan menemukan orang-orang yang punya kepribadian positif dan jika perlu keluar dari kantor untuk menjaga suasana hati tetap baik.

Menurut situs Inc, salah satu cara terbaik untuk melawan rekan kerja yang negatif adalah dengann menfokuskan perhatianmu ke hal-hal yang positif. Cara ini dijamin membuatmu lebih bersemangat, bahagia dan lebih konstruktif di tempat kerja.

3. Tetapkan Batasan

Sulit untuk menjauh dari rekan negatif apalagi jika diharuskan bekerja bersama untuk suatu proyek penting. Dikutip dari situs Bustle, Susan M. Heathfield, ahli sumber daya manusia, menyarankan untuk memberikan batasan dengan rekan kerja negatif. Susan menyarankan untuk menghindari dirimu terlibat dalam percakapan negatif dan jangan menunjukkan simpati pada negativitas.