0 %

Mon, 17 Jun 2019
Sebarkan Kebaikan ke Orang Lain, Dimulai dari Perbuatan Baik untuk Diri Sendiri

Menyebarkan kebaikan dan kasih sayang kepada orang lain bisa dimulai dengan menunjukkannya pada diri sendiri. Self-care bukan hanya punya efek baik buat kesehatan dan hubungan antar manusia, tapi juga kedamaian dan ketenangan mental.

Tapi hal ini terkadang lebih sulit untuk dilakukan, bahkan tidak sedikit yang bingung dengan bagaimana cara memulainya. Coba mulai lakukan perbuatan baik buat diri sendiri dengan beberapa cara berikut ini.


1. Memperhatikan Kondisi Fisik

Tubuh memiliki cara yang luar biasa untuk memberitahu apa yang dibutuhkan. Saat butuh tidur kamu akan menguap, begitu juga saat merasa haus dan lapar.

Mulailah dengan mencoba dan mendengarkan sebanyak yang kamu bisa, bahkan jika itu berarti harus membatalkan segala sesuatu untuk mengistirahatkan tubuh dan mendapatkan kembali energimu. Miliki pola makan yang sehat, berbaring dan pejamkan matamu, lakukan apa pun untuk mempertahankan kondisi fisik tetap fit.


2. Tulis Surat untuk Memberi Semangat

Pikirkan situasi yang memicu rasa sakit pada diri sendiri, mulai dari patah hati, kehilangan pekerjaan, hingga hal-hal yang mungkin tidak sesuai dengan rencana yang sudah dibuat. Tulis surat untuk diri sendiri yang menggambarkan situasi menyedihkan itu, tapi tanpa menyalahkan siapa pun, termasuk dirimu sendiri. Gunakan cara ini untuk membuatmu mampu menerima, memaafkan diri sendiri, dan mengembalikan suasana hati yang positif.

Jika kesulitan, pikiran apa yang bakal kamu katakan pada teman saat menghadapi situasi yang sulit dan penuh tekanan. Nantinya, jika menemukan diri dalam situasi yang mirip, gunakan tanggapan tersebut yang dituangkan dalam sebuah surat untuk diri sendiri.


3. Sesekali Manjakan Diri Sendiri

Tidak ada yang bisa bekerja penuh tanpa istirahat, namun seringkali hal tersebut diabaikan karena ingin membuktikan kemampuan diri sendiri. Berikan waktu pada diri sendiri untuk mengambil istirahat yang dibutuhkan agar nantinya dapat kembali dengan semangat maksimal untuk melakukan pekerjaan terbaik.

Ambil cuti tahunanmu dan lakukan traveling yang selama ini kamu inginkan. Memanjakan diri sendiri pun tidak harus menghabiskan banyak uang, misalnya meluangkan waktu di pagi hari untuk menikmati minuman panas favoritmu, sekadar menonton film dengan balutan piyama andalan, atau mengambil jalur pulang yang lebih lama tapi menyajikan pemandangan indah. Ada banyak cara berbeda untuk membahagiakan dirimu tanpa harus mengeluarkan upaya terlalu besar.


4. Beri Perhatian Penuh untuk Diri Sendiri

Seringkali kita disibukkan merawat orang lain daripada diri sendiri. Tidak heran jika terkadang kamu mulai merasa kewalahan, stres, bahkan burn out karena tidak cukup self-love yang diterima. Luangkan waktu untuk memberikan perhatian penuh pada diri sendiri, mulai dari menikmati mandi ala spa tanpa gangguan, melakukan olahraga, atau bermeditasi selama beberapa menit.


Sebelum berbuat baik pada orang lain, jangan lupa untuk memberikan cinta pada diri sendiri dengan berbagai cara tepat ini. Siap mencobanya?