0 %

Tue, 29 Jan 2019
Semangat Lagi Turun? Bikin Suasana Kerja Lebih Menyenangkan dengan Cara Mudah

Siapa sih yang tidak iri melihat kantor-kantor yang didesain khusus untuk memanjakan para karyawannya. Namun, tempat kerja yang menyenangkan ini bukan hanya memberikan senyum dan tawa saja, tapi juga efektif meningkatkan produktivitas. Tak perlu meminta perusahaan melakukan renovasi besar-besaran, ada cara mudah dan cepat lainnya untuk membangkitkan semangat di tempat kerja. Jajal, yuk!


1. Menggelar Happy Hour

Happy hour sering dikenal sebagai budaya kantoran yang mengumpulkan para karyawan untuk bersenang-senang di luar kantor. Tidak harus menunggu jam kerja usai, bisa juga melakukan makan siang sambil mencoba tempat yang baru atau sekadar ngopi untuk menghilangkang memori meeting yang  berjalan buruk. Cara mudah ini ternyata cukup efektif dalam meningkatkan semangat dan membuat hubungan dengan rekan kerja semakin dekat.


2. Menghias Kantor

Hanya karena itu kantor, bukan berarti semua orang akan betah melihat dinding dan langit-langit berwarna putih, dan dekorasi yang minimalis dan tak menarik. Beruntungnya kamu yang memiliki atasan yang memperbolehkanmu untuk melakukan sedikit perubahan pada ruang kantor atau paling tidak meja kerjamu.

Selain dapat membawa foto orang terdekat dan menghias meja dengan bunga atau tanaman segar, tidak ada salahnya menghias ruang kerja dengan tema-tema tertentu. Mulai dari perayaan hari besar atau populer seperti Valentine’s Day, hingga memajang foto karyawan berprestasi bulan itu.


3. Melakukan Pertemuan Reguler yang Tak Terkait dengan Bisnis

Rapat atau meeting biasanya dikaitkan dengan hal-hal penting, mendesak, dan bisa saja memicu stres. Sesekali gelar pertemuan yang tak punya kaitan dengan bisnis atau pekerjaan. Bisa menggunakan ruang kantor untuk mendengarkan setiap keluah kesah karyawan yang ada pada tim masing-masing, atau di luar kantor sambil melakukan piknik bersama anggota keluarga.

Selain itu, tidak ada salahnya mengikuti pelatihan atau training untuk mengasah skill. Bukan hanya menyenangkan, tapi juga dapat meningkatkan skill termasuk kemampuan beradaptasi hingga komunikasi di depan umum.


4. Melakukan Perayaan Kecil-Kecilan

Pesta kecil-kecilan di kantor terbukti mampu meningkatkan semangat. Tandai tanggal ulang tahun setiap orang di kantor tersebut. Selain memberikan kue ulang tahun sebagai kejutan, tidak ada salahnya untuk menyediakan kudapan ringan hingga makanan berat yang selalu ditunggu. Bukan hanya momen ulang tahun saja, tapi keberhasilan memenangkan proyek penting, hingga ulang tahun perusahaan pun juga bisa dirayakan dan membawa kebahagiaan di tempat kerja.


Kebanyakan orang akan menghabiskan sepertiga kehidupan mereka di tempat kerja. Ini saatnya mengusahakan waktu dan kesempatan untuk bersenang-senang di tempat kerja untuk meningkatkan produktivitas dan kreativitas kerja.