0 %

Fri, 27 Jul 2018
Soft Skill Ini Bakal Berkembang Pesat Saat Berteman dengan Rekan Kerja

Walau memiliki nilai akademik yang membanggakan, hal tersebut ternyata tidak cukup menjadi modal satu-satunya di dalam dunia kerja. Butuh kemampuan yang sering disebut sebagai soft skill untuk mencapai kesuksesan yang diinginkan.

Nah, beberapa skill ini tidak diajarkan di ruang kelas atau diukur di atas kertas, tapi juga bisa diasah dengan menjalin hubungan baik di tempat kerja. Apa saja, sih?

1. Kemampuan Mendengar

Listen first, talk later. Jika pernah mendengar kalimat ini, kamu dapat memahami pentingnya keterampilan ini. Terdengar sederhana, tapi soft skill ini semakin jarang dimiliki banyak orang.

Pahami pentingnya untuk berhenti dan mendengarkan. Ketika seorang rekan kerja sedang berbicara, perhatikan mereka dengan meletakkan ponsel dan membuat kontak mata. Tanggapi hanya setelah mendengar dengan saksama. Cara ini bukan hanya akan membantu rekan kerja menyelesaikan permasalahan, tapi juga mengembangkan empati dan pemahaman dalam situasi apa pun.

2. Kerjasama dalam Tim

Keberhasilan perusahaan jarang bergantung pada satu orang untuk melakukan suatu pekerjaan sendiri. Oleh karena itu, kemampuan untuk bekerja dalam tim sering dimasukkan dalam syarat melamar pekerjaan.

Untuk mengasah soft skill ini, caranya sangat sederhana yaitu hanya dengan menawarkan bantuan pada rekan kerja yang sedang membutuhkan. Begitu juga saat sedang bekerjasama menyelesaikan sebuah proyek pekerjaan, hindari mengutamakan ego dan jalin kerjasama yang baik antar anggota tim untuk satu tujuan yang sama.