0 %

Thu, 4 Oct 2018
Tahap Demi Tahap Hindari Terlalu Betah di Zona Nyaman

Jauh lebih mudah untuk tetap berada di dalam batas di mana kamu merasa nyaman daripada menghadapi ketakutan untuk menjelajahi bidang lain yang benar-benar baru. Tapi dengan membatasi diri, ada kemungkinan akan kehilangan peluang untuk mengembangkan karir profesional, mendapat pengalaman hidup dan memperkaya kemampuan pribadi.


Ingin keluar dari zona nyaman tapi tidak tahu harus mulai dari mana? Tidak perlu mengambil langkah-langkah ekstrem, cukup lakukan tahap demi tahap berikut ini.


1. Menempatkan Diri di Lingkungan Baru
Secara teori, hal yang perlu dilakukan adalah mengambil langkah pertama. Jangan berharap perjalanan yang mudah dan cepat, tapi di satu titik akan membuatmu makin mudah untuk terus bergerak maju.


Mulailah dengan beberapa perubahan kecil seperti memilih tempat makan siang yang berbeda atau mengisi akhir pekan dengan mendatangi pameran seni. Idenya adalah untuk menempatkan diri di lingkungan baru di mana kamu bisa melakukan interaksi dengan orang lain dan memperbaharui pengalamanmu.


2. Jajal Pilihan Berisiko
Hidup berisi pilihan, di mana yang satu merupakan pilihan yang aman dan nyaman, sedangkan yang lain mengandung risiko. Sesekali buat keputusan yang menantang dan memberikan banyak pelajaran untuk diambil.


Selain itu, tidak ada salahnya untuk mengubah caramu untuk mengambil keputusan. Jika selama ini, kamu menghabiskan banyak waktu untuk merenungkan keputusanmu, misalnya restoran yang dipilih atau film yang akan ditonton, kali ini buat keputusan instan. Plus, hal ini dapat memberikan dorongan kepercayaan diri. Just do it!


3. Katakan Ya Lebih Sering
Kebanyakan orang mengatakan tidak karena takut pada risiko yang akan terjadi. Buat yang ingin keluar dari zona nyaman, justru disarankan untuk melakukan hal yang sebaliknya, yaitu katakan ‘ya’ walau kamu berpikir belum siap.


BACA JUGA