0 %

Mon, 17 Jun 2019
Tak Harus Berupa Uang, Kebaikan Bisa Diberikan Dalam Bentuk Perhatian

Terlahir sebagai mahkluk sosial, kita akan selalu terhubung dengan manusia lainnya. Berbuat baik pada sesama merupakan cara terbaik untuk mempertahankan hubungan sosial. Tak harus memberikan uang, terkadang yang dibutuhkan hanya sedikit perhatian yang membuat seseorang merasa spesial dan dihargai. Seperti apa?


1. Tersenyum pada Siapa Saja

Use your smile to change the world. Begitu kuatnya sebuah senyuman hingga dapat membuat dunia seseorang terasa lebih baik. Berikan senyuman tulus pada orang-orang yang kamu temui di jalan, saat menyapa rekan kerja, atau ketika memesan kopi di kedai favoritmu. Selain membuatmu terlihat lebih ramah, senyuman yang diberikan tanpa maksud tersembunyi juga bisa menularkan kebaikan pada orang lain, lho.


2. Membantu Orang Asing Tanpa Diminta

Banyak yang menganggap zaman sekarang lebih banyak dipenuhi oleh orang-orang yang cuek dengan kondisi di sekitarnya. Padahal sejak anak-anak, orangtua mengajarkan untuk melakukan sesuatu yang baik kepada orang lain, mulai dari berbagi mainan atau makanan hingga membantu teman yang sedang mengalami kesulitan.

Bukan hanya melakukan kebaikan pada orang-orang yang dikenal saja, tunjukkan kemurahan hati tanpa berharap mendapatkan balasan dari orang asing. Dikenal sebagai random acts of kindness, coba berbuat baik secara acak untuk mencerahkan hari seseorang. Bisa berupa mengingatkan barang yang ditinggalkan oleh orang lain, membayar biaya bensin untuk orang yang mengantri di belakang, atau sesederhana memberikan kursimu pada orang yang lebih membutuhkan saat menaiki transportasi umum.


3. Mendonasikan Barang Bekas Layak Pakai

Barang-barang yang mungkin sudah lama tidak digunakan bisa jadi lebih bermanfaat untuk orang lain. Mumpung lagi tren metode Marie Kondo untuk merapikan barang-barang yang dimiliki, tidak ada salahnya menyisihkan barang-barang bekas layak pakai yang dapat memberi manfaat bagi orang lain.

Mulai dari mainan atau buku anak yang dapat diberikan ke yayasan pendidikan atau panti asuhan hingga pakaian yang masih bagus untuk disumbangkan pada yayasan sosial agar disalurkan pada mereka yang lebih membutuhkan. Rumahmu jadi semakin rapi, kamu pun merasa lebih bahagia karena dapat membantu orang lain dengan mendonasikan barang bekas yang masih layak pakai.


4. Beri Pujian pada Orang-Orang di Sekitarmu

Selain senyuman dan tindakan baik yang dilakukan tanpa direncanakan terlebih dahulu, menunjukkan kebaikan pun bisa dilakukan dengan cara sesederhana memberi pujian. Tunjukkan bagaimana kamu menyukai penampilan rekan kerja, memuji usaha anak yang belajar membereskan mainan, hingga mengucapkan kata-kata manis dan tulus pada orang-orang yang baru pertama kali ditemui.


Yuk, sebarkan kebaikan pada orang-orang di sekitarmu tapi bukan gangguan kesehatan seperti batuk dan gejala flu. Jika mulai mengalami batuk dan gejala flu seperti sakit kepala, demam, hidung tersumbat, dan bersin-bersin, segera minum OBH Combi Batuk Plus Flu yang membantu meredakan batuk dan gejala flu dalam kemasan botol anti pecah yang praktis dibawa ke mana pun langkah kaki membawamu.

Tanpa harus memberikan bantuan berupa uang, siapkah dirimu untuk menyebarkan kebaikan?