0 %

Wed, 3 Oct 2018
Time is Money! Yuk, Hargai Waktu Agar Tak Terbuang Sia-Sia

Sudah sering mendengar istilah waktu adalah uang, kan? Tidak salah karena waktu memang sangat berharga oleh karena itu jangan sampai disia-siakan untuk hal-hal yang tidak penting. Mulai dari sekarang untuk menghargai waktu yang dimiliki, dengan beberapa kebiasaan baik berikut ini.


1. Bangun Tepat Waktu
Ngaku deh, tidak jarang kita menekan alarm berkali-kali untuk menunda bangun tidur tepat waktu. Walau sudah punya waktu tidur yang cukup, seringkali kamu memilih untuk menghabiskan waktu lebih lama untuk bermalas-malasan di tempat tidur atau bahkan bermain dengan gadget. Tanpa disadari, waktu terus berjalan dan berakhir dengan kamu yang terburu-buru menyelesaikan segala hal di menit-menit terakhir.


Daripada memicu stres di awal hari, ada baiknya membiasakan diri untuk bangun tepat waktu. Mulailah dengan tidur tepat waktu dan bangun saat alarm berbunyi. Kebiasaan sederhana ini akan memberikanmu cukup waktu untuk menyiapkan berbagai hal, bahkan menjajal kegiatan baru yang bermanfaat seperti berolahraga pagi atau bermeditasi.


2. Hindari Multitasking
Kebanyakan orang merasa multitasking merupakan cara yang efisien untuk menyelesaikan segala sesuatu. Kenyataannya, kita melakukan pekerjaan lebih baik saat fokus dan berkonsentrasi pada satu hal. Multitasking justru menghambat produktivitas dan harus dihindari untuk meningkatkan kemampuanmu dalam mengatur waktu.


Manfaatkan daftar yang harus dilakukan dan tenggat waktu untuk membantumu tetap fokus. Untuk menghemat waktu, fokus saja pada satu pekerjaan yang sedang dilakukan hingga selesai, baru mengerjakan yang lainnya.